Universitas Jember Sediakan Fasilitas Taman Edukatif yang Interaktif

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

14 Maret 2023 05:40 14 Mar 2023 05:40

Thumbnail Universitas Jember Sediakan Fasilitas Taman Edukatif yang Interaktif Watermark Ketik
Taman Edukasi Kebangsaan Universitas Jember di lingkungan kampus. (Foto: Fenna/ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Universitas Jember terus menambah sarana fasilitas untuk menunjang kegiatan edukasi mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus. Kali ini mereka menyediakan Taman Edukasi Kebangsaan yang berlokasi di dalam lingkungan kampus setempat.

Taman tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Universitas Jember dalam mewujudkan perguruan tinggi yang tidak hanya unggul dalam hal akademik, tetapi juga berperan aktif dalam meningkatkan kualitas lingkungan.

Sebelumnya tempat tersebut merupakan kawasan kumuh yang kemudian disulap menjadi taman yang layak dan nyaman untuk dikunjungi.

Taman Edukasi Kebangsaan Universitas Jember dibangun untuk memberikan ruang belajar sekaligus bermain dalam menggali ilmu sejarah kebangsaan Indonesia.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, saat ditemui Ketik.co.id di Taman Edukasi Kebangsaan. “Belajar tentang kebangsaan Indonesia,” ujarnya.

Foto Suasana Taman Edukasi Kebangsaan Universitas Jember (Foto: Fenna/ketik.co.id)Suasana Taman Edukasi Kebangsaan Universitas Jember. (Foto: Fenna/ketik.co.id)

Terdapat 42 mural kebangsaan yang memuat tentang para pahlawan nasional disertai kutipan tulisan pendek semangat kebangsaan.Presiden RI dari masa ke masa, bangunan ikonik bangsa Indonesia, rumah ibadah semua agama, serta rumah adat daerah juga tampak.

Ia juga menyampaikan di setiap mural didukung dengan teknologi informasi, terdapat QR code yang dapat dipindai oleh telepon genggam pengunjung. Yakni berisi informasi lengkap mengenai cerita di balik mural tersebut. 

“Apalagi sambil bawa HP itu bisa mendapatkan cerita dari setiap mural-mural yang ada disitu melalui QR Code yang ada di tembok,” tambah Iwan.

Sementara itu, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti Soekarno-Hatta Corner, Asa Corner, jogging track, dan taman terbuka untuk berbagai aktivitas kesenian dan kebudayaan di luar ruangan.

Iwan Taruna juga mengatakan bahwa taman ini terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. "Siapapun dapat datang kesini secara mandiri,” tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Jember taman edukasi kebangsaan mural interaktif Edukasi sejarah kebangsaan Jember