VATS: Teknologi Canggih untuk Perawatan TBC dan Penyakit Paru Lainnya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

11 Oktober 2024 15:53 11 Okt 2024 15:53

Thumbnail VATS: Teknologi Canggih untuk Perawatan TBC dan Penyakit Paru Lainnya Watermark Ketik
Ilustrasi bedah paru-paru. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Penderita penyakit paru-paru, khususnya TBC di Indonesia cukup tinggi. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan jumlah penderita TBC di Indonesia mencapai 969 ribu kasus dengan angka kematian 93 ribu per tahun atau setara dengan 11 kematian per jam. 

Dengan angka tersebut Indonesia menempati peringkat kedua jumlah penderita TBC terbanyak setelah India. Saat ini penyakit TBC menyerang kelompok usia produktif terutama pada usia 45 sampai 54 tahun.

Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi kesehatan di era modern saat ini, telah ditemukan salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita TBC. Teknologi tersebut diberi nama Video-Assisted Thoracoscopic Surgery (VATS).

VATS adalah teknik bedah minimal invasif yang memungkinkan dokter melakukan prosedur melalui sayatan kecil, menggunakan kamera dan peralatan khusus untuk meminimalkan trauma pada tubuh pasien. Teknik ini terbukti mampu mempercepat waktu pemulihan, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi risiko komplikasi jika dibandingkan dengan metode bedah konvensional.

Dilansir dari Suara.com jaringan media nasional Ketik.co.id, Ahli pulmonologi, Prof. Dr. Dr. Allen Widysanto mengatakan tidak hanya itu VATS juga juga dapat membantu dokter untuk menangani berbagai penyakit yang menyerang paru-paru selain TBC, seperti kanker paru, infeksi, dan penyakit lainnya.

“Teknik ini memungkinkan kami untuk melakukan pengobatan dengan cara yang lebih nyaman bagi pasien, mempercepat pemulihan, dan mengurangi risiko komplikasi pascaoperasi,” kata dr Allen, Jumat 11 Oktober 2024.

Sementara itu, spesialis bedah kardiotoraks dan vaskular, dr.Maulidya Ayudika Dandanah, SpBTKV(K), FIHA menambahkan jika penemuan teknologi VATS merupakan bentuk kemajuan dari pengembangan pengobatan untuk paru-paru dan rongga dada.

"Prosedur ini memungkinkan kami untuk menangani berbagai kondisi paru dan rongga dada dengan lebih efisien dan cepat," tambahnya.

Melalui prosesur pengobatan dengan metode VATS yang minim sayatan ini pasien bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik. Dengan luka yang kecil rasa nyeri yang dihasilkan juga kecil, sehingga pasien bisa pulih lebih cepat.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan TBC Inovasi Perawatan VATS Paru Paru Bedah Paru