XL Segera Rilis eSIM Susul IOH dan Smartfren

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

26 Maret 2023 04:39 26 Mar 2023 04:39

Thumbnail XL Segera Rilis eSIM Susul IOH dan Smartfren Watermark Ketik
Ilustrasi. XL akan segera membuat kartu eSIM menyusul Indosat Oooredoo Hutchison dan Smartfren. (Foto: iStockphoto)

KETIK, JAKARTA – XL Axiata akan menyusul Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Smartfren dengan meluncurkan kartu SIM elektronik alias eSIM pada semester pertama 2023.

Sementara itu, operator seluler plat merah Telkomsel masih mempertimbangkan untuk merilis teknologi kartu SIM non-fisik tersebut.

"Rencananya (eSIM) akan diluncurkan pada semenster pertama 2023," ujar Henry Wijayanto, Head External Communications XL Axiata kepada jurnalis.

Sayangnya, Henry belum dapat menjelaskan rincian terkait kapan waktu spesifik dan area mana saja nantinya yang akan menyediakan layanan eSIM untuk pelanggan XL Axiata.

Secara terpisah, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menyebut Telkomsel saat ini masih melihat pasar sebagai pertimbangan untuk penerapan teknologi eSIM oleh perusahaannya.

Menurutnya, peluncuran eSIM memerlukan investasi, sehingga perlu dilakukan dengan cermat dan tepat.

"Karena semua keputusan bisnis itu harus secara cermat ya. eSIM itu seperti apa nanti misalnya, apa kita launching untuk pelanggan pasca-bayar dulu. Kita melihat market eSIM. Makanya kita enggak mau terburu-buru. Karena ada investasi kan di situ. Jadi kita harus investasi secara cermat dan tepat," katanya di sela acara Jakarta Jaga Bumi berkolaborasi dengan Volta di Jakarta, Senin (20/3).

"Masih dalam pembicaraan internal. Kita mesti melihat dulu kebutuhannya. Masyarakat apa sebanyak itu (yang butuh). Kita enggak mau investasi kita percuma," imbuhnya.

Sebelumnya, IOH dan Smartfren telah meluncurkan eSIM lebih dulu. IOH meluncurkan eSIM pada Desember 2022 lalu, sementara Smartfren telah merilis eSIM sejak Juli 2019.

Teknologi eSIM menjadi terobosan baru dalam dunia telekomunikasi selular. Layanan itu menawarkan tingkat fleksibilitas baru bagi konsumen dan operator.

Dengan perangkat berkemampuan eSIM, pelanggan bisa menikmati konektivitas lebih bebas tanpa harus membeli kartu SIM fisik.

Sederet ponsel kekinian sudah dilengkapi dengan fitur eSIM, di antaranya iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13 dan iPhone 14. Sedangkan pada perangkat Samsung yang sudah dilengkapi eSIM di antaranya Galaxy S20 dan S20+, Galaxy Z Fold 3, Galaxy Flip, Galaxy S21 Ultra, Galaxy S22 Ultra, dan seri Galaxy S23 (*)

Tombol Google News

Tags:

eSIM. XL terobosan baru