394 Peserta Gerak Jalan Tanggul Jember Nikmati Angkutan Gratis KLB Daop 9

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

31 Agustus 2024 08:45 31 Agt 2024 08:45

Thumbnail 394 Peserta Gerak Jalan Tanggul Jember Nikmati Angkutan Gratis KLB Daop 9 Watermark Ketik
Peserta Tajemtra nikmati angkutan gratis Kereta Api Luar Biasa Daop 9 Jember, 31 Agustus 2024. (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Turut meriahkan gelaran Gerak Jalan Tanggul Jember Tradisional (Tajemtra) 2024, KAI Daop 9 Jember sediakan angkutan kereta api gratis bagi peserta pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Dengan relasi Stasiun Jember-Stasiun Tanggul.

Gerak jalan dengan jarak kurang lebih 30 km dengan start dari Alun-alun Tanggul dan finish di Alun-alun Jember, diikuti oleh ribuan masyarakat Jember dan sekitarnya.

Ini adalah tahun ke-3 KAI Daop 9 Jember bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember menghadirkan angkutan kereta api gratis yang bisa digunakan peserta Gerak Jalan Tajemtra untuk menuju Stasiun Tanggul.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Hengky Prasetyo menyebutkan kapasitas Kereta Luar Biasa (KLB) yang tersedia sebanyak 394 tempat duduk.

KLB Tajemtra 2024 terdiri dari beberapa kereta kelas campuran, diantaranya tiga kereta kelas eksekutif, dua kereta kelas ekonomi new generation dan satu kereta kelas ekonomi.

“Penyediaan KLB ini untuk mengurangi kepadatan jalan raya menuju titik pemberangkatan di Tanggul. Juga mendukung zero pollution,” ungkap Hengky di sela keberangkatan.

Bisa dibayangkan bila semua peserta Tajemtra berangkat menuju lokasi pemberangkatan menggunakan kendaraan pribadi tentu akan menimbulkan kemacetan.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut baik kolaborasi KAI Daop 9 dan memberangkatkan langsung KLB sekitar pukul 10.15 WIB.

“Mensosialisasikan warga Jember untuk memakai moda transportasi kereta api. Dan tentunya mengurangi beban jalan raya,” ungkap Hendy.

Sementara, salah satu penumpang KLB Tajemtra, Rida tahun ini merupakan kali pertamanya menggunakan fasilitas transportasi gratis ini. Dia mengaku sangat terbantu dengan adanya rangkaian tambahan dari KAI Daop 9.

“Sangat memudahkan perjalanan kami menuju start di Tanggul, jaraknya kan puluhan kilometer. Pendaftarannya lewat online jadi sangat mudah,” tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tajemtra 2024 KAI Daop 9 Jember KLB