Ali Agus, Profesor Merakyat, Inovator Pertanian yang Turun Langsung ke Desa-Desa

Jurnalis: Teguh Ariffianto
Editor: M. Rifat

17 Januari 2024 01:58 17 Jan 2024 01:58

Thumbnail Ali Agus, Profesor Merakyat, Inovator Pertanian yang Turun Langsung ke Desa-Desa Watermark Ketik
Prof. Dr. Ali Agus, DAA, DEA

KETIK, YOGYAKARTA – Ali Agus adalah seorang dosen, tetapi di sisi lain dikenal juga sebagai penggiat pertanian.

Sosok Ali Agus adalah profesor yang membumi, memainkan peran penting dalam membentuk gerakan pembaharuan dan inovasi di bidang peternakan dan pertanian Yogyakarya, terutama di wilayah Sleman, kecamatan Ngemplak, tepatnya di dusun kalijeruk.

Seluruh kegiatan usaha pertaniannya selalu berdampingan dengan masyarakat lokal, dan berorientasi untuk memajukan petani di sekitarnya.

Membangun infrastruktur atau tempat training center terpadu terkait dengan pertanian dan peternakan secara umum yang diberi nama "Komplek Agromix lestari".

Beberapa hal konkrit yang telah dibuatnya adalah membantu petani dengan mendirikan bengkel sapi di dusun Kalijeruk, Ngemplak Sleman Yogyakarta.

"Kami mengambil sapi-sapi petani yang kurus dan kami tangani, ditreatment menjadi sapi-sapi yang sehat, gemuk, dan unggul," ujar Ali Agus.

Ratusan sapi dirawat di bengkel sapi Kalijeruk. Sapi yang berada di kandang adalah sapi-sapi kurus dan tidak tumbuh dengan baik. Sebelumnya pertumbuhan ADG (Average Daily Gain) di bawah 1 kilogram dan dilakukan rekayasa untuk bisa tumbuh hingga 3 kilogram per hari.

Setelah terapi dilakukan di bengkel lantas diberikan treatment, sapi- sapi tersebut akan dikembalikan kepada petani, sekaligus memberikan bekal pelatihan beternak sapi yang baik dan benar kepada para petani dan peternak yang ada di sekitar wilayah tempat tinggalnya.

Penemu Telur Ayam Bahagia

Di sisi lain, Ali Agus sebagai akademisi melakukan penelitian tentang ayam petelur. Dengan meningkatkan kualitas habitat dan pakan ayam,  akhirnya tercipta telur ayam bahagia.

Telur ayam bahagia merupakan telur yang berasal dari ayam yang sehat, dipelihara sesuai dengan kaidah kesejahteraan hewan, menghindari penggunaan antibiotik dan sisa obat- obatan kimia.

Memberikan nutrisi tambahan untuk meningkatkan kesehatan ayam dan nilai fungsional telur, sehingga menghasilkan telur yang sehat dan ayam yang sehat.

Atas dasar asumsi inilah maka tercipta produk telur ayam bahagia, yang pada dasarnya merupakan pangan unggul gizi.

Eksistensinya ditingkatkan dengan rekayasa nutrisi pakan untuk meningkatkan nilai fungsionalnya. Telur ayam bahagia ini telah mendapatkan sertifikasi dan menjadi bagian ekonomi produktif bagi komunitas agromax.

Itu sebuah kolaborasi antara perguruan tinggi UGM Yogyakarta, Pemerintah Daerah Sleman dan masyarakat desa Kalijeruk.

Kini kawasan tersebut menjadi contoh pengembangan pembangunan ekonomi yang melibatkan masyarakat lokal.

Profil Prof. Dr. Ali Agus, DAA, DEA

Ali Agus dikenal sebagai dosen Peternakan di Universitas Gajah Mada.

Dia lahir di Banjarejo-Bloro tanggal 22 Agustus 1966. Menyelesaikan pendidikan S1 pada Fakultas Peternakan UGM tahun 1989. Menempuh pendidikan D4 di Ecole Nationale Superieure Agronomique de Rennes (ENSA), Rennes, France tahun 1993 dan pada tahun yang sama juga berhasil merampungkan program S2nya.

Dia lantas menyelesaikan program S3 juga di ENSA dengan mendapat gelar Doktor pada tahun 1996.

Sosoknya pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Peternakan UGM dan sekarang mendapat gelar sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak.

Dalam kegiatan organisasi sosial Ali Agus adalah ketua DPD HKTI periode 2022-2027.

Ali Agus adalah guru besar yang bersahaja, tidak tinggal diam di menara gading akademis, melainkan siap turun gunung memberikan teladan sederhana dengan membangun pertanian Indonesia.

Tidak hanya sekadar konsep di atas kertas, melainkan tindakan nyata berkiprah di desa memperkuat benteng kedaulatan pangan di DIY khususnya dan Indonesia umumnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Inovasi Pertanian Sosok ketik sosok Prof Ali Agus