Baru Diresmikan, Warga Minta Kualitas Struktur Jembatan Lembayung Kota Malang Ditingkatkan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

28 Desember 2023 11:13 28 Des 2023 11:13

Thumbnail Baru Diresmikan, Warga Minta Kualitas Struktur Jembatan Lembayung Kota Malang Ditingkatkan Watermark Ketik
Peresmian Jembatan Lembayung oleh Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Jembatan Lembayung yang menghubungkan Kelurahan Bumiayu dan Mergosono telah diresmikan oleh Pemkot Malang pada Kamis (28/12/2023). Kendati telah diresmikan, warga meminta Pemkot Malang untuk meningkatkan kualitas struktur jembatan demi keamanan pengendara motor.

Ketua RW 06 Kelurahan Mergosono, Asmayar menjelaskan, beberapa bagian yang perlu ditingkatkan ialah pagar dan pengaspalan. Mengingat banyaknya kendaraan yang melintas di jembatan tersebut.

"Secara konstruksi yang perlu dimaksimalkan yaitu pagar, pengaspalan, terus patok. Tingkat kelenturan juga lebih lentur sekarang daripada yang dahulu. Kemudian untuk pejalan kaki yang dulunya ada, sekarang tidak ada," ujar Asmayar usai peresmian jembatan.

Menurutnya pagar di sisi jembatan masih kurang kuat dan bergoyang-goyang. Apabila pengerjaan tidak dimaksimalkan, ia khawatir jembatan tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

"Usul saya lebih dimaksimalkan sebelum benar-benar dibuka. Jembatan di sini tidak sama dengan jembatan gantung yang ada di tingkat kecamatan. Di sini kuota (kendaraan) besar sekali, tiap hari lebih dari 10.000 kendaraan dalam satu jalur atau arah," lanjutnya.

Sementara itu Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat turut hadir untuk meresmikan jembatan tersebut. Meskipun terdapat saran yang dilayangkan oleh salah satu warga, namun banyak masyarakat yang memberikan respon positif atas selesainya pengerjaan Jembatan Lembayung.

"Sambutan yang positif dari masyarakat bahwa Jembatan Lembayung ini memang ditunggu-tunggu. Jembatan Lembayung kan digunakan untuk aktivitas perekonomian masyarakat dari dua kelurahan, termasuk anak-anak berangkat sekolah," ujar Wahyu.

Ia pun akan menindaklanjut masukan yang diberikan oleh masyarakat. Wahyu juga turut meminta maaf pada warga yang rumahnya terdampak oleh seling jembatan.

Dengan selesainya Jembatan Lembayung, Wahyu berharap pergerakan masyarakat dapat kembali pulih. Namun untuk saat ini jembatan tersebut hanya berlaku bagi kendaraan roda dua.

"Kalau pagi masyarakat ada pergerakan ke Pasar Gadang, dari Kedungkandang, banyak yang menggunakan Jembatan Lembayung. Tadi juga ada masukan dari Ketua RW untuk memasang portal di ujung di Kelurahan Mergosono dan Bumiayu, termasuk rambu-rambu untuk melarang roda empat masuk ke sini," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

peresmian jembatan Jembatan Lembayung Kelurahan Bumiayu Kelurahan Mergosono Kota Malang