Diguyur Hujan, Ribuan Warga Iringi Pemakaman Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

30 November 2023 10:27 30 Nov 2023 10:27

Thumbnail Diguyur Hujan, Ribuan Warga Iringi Pemakaman Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko Watermark Ketik
Prosesi pemakaman Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di Taman Makam Pahlawan TMP Suropati Kota Batu diiringi hujan deras, Kamis (30/11/2023). (Foto: Sholeh/ Ketik.co.id

KETIK, BATU – Pemakaman Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di Taman Makam Pahlawan TMP Suropati Kota Batu diiringi hujan deras, Kamis (30/11/2023). Meski begitu, tidak menyurutkan langkah ribuan warga untuk mengantarkan almarhum Eddy Rumpoko ke tempat peristirahatan terakhir.

Sebelumnya, jenasah Eddy Rumpoko tiba di rumah duka sekitar pukul 13.30 dari RS Karyadi Semarang. Kemudian, dibawa ke Masjid Brigjen Sugiono Balai Kota Among Tani untuk disholatkan. Sholat jenazah itu pun diikuti Ratusan warga.

Pantauan di lapangan, sebelum dimakamkan, jenazah almarhum Eddy Rumpoko dibawa menggunakan peti dengan dibalut bendera merah putih. Kemudian, peti tersebut digotong oleh sejumlah prajurit TNI.

Sesampainya di TMP Untung Suropati, dimulai prosesi pemakaman almarhum ER sapaan Eddy Rumpoko. Ribuan pelayat maupun warga mengikuti prosesi pemakaman hingga selesai.

Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri mengatakan, jenasah Wali Kota dua periode tersebut dimakamkan di TMP karena dinilai berjasa terhadap Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu.

"Untuk pemakaman di TPU Surapati. Beliau juga berjasa, dan sangat memperhatikan LVRI mulai dari perhatian penambahan biaya hidup, perumahan, mobil operasional untuk cek up kesehatan, hingga insentif," katanya.

Ririk menegaskan, soal pemakaman tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak yaitu mulai dari Komandan Garnisun Malang. Kemudian dengan Danramil dan LVRI dan juga kordinasi dengan Sekda Pemkot Batu.

"juga telah dirapatkan dengan asisten, kesbangpol dan para lurah yang ada. bahwa beliau (Eddy Rumpoko) mendapatkan bintang penghargaan dari LVRI itu tahun 2015," jelasnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Eddy Rumpoko