DPW PKS Jakarta Usulkan Anies Baswedan di Pilgub DKI 2024

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

24 Mei 2024 06:44 24 Mei 2024 06:44

Thumbnail DPW PKS Jakarta Usulkan Anies Baswedan di Pilgub DKI 2024 Watermark Ketik
Anies Baswedan saat di Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jakarta resmi mengusung nama Anies Baswedan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta 2024.

Namun hal itu masih sebatas usulasn dari DPW PKS Jakarta. Adapun keputusan akhir tetap menunggu dari DPP PKS terkait Pilkada 2024.

"Ya benar (resmi mengusulkan Anies). Tapi belum final, karena baru usulan DPW PKS DKI ke DPP, pimpinan akan memutuskan diterima atau ditolak," kata Ketua DPW Partai PKS Jakarta Khoirudin Kamis (23/5/2024).

Khoirudin mengtakan sejauh ini hanya nama Anies yang masuk dalam usulan resmi DPW PKS Jakarta untuk maju di Pilkada DKI 2024.

Ia juga menegaskan tak ada nama mantan Menteri ESDM Sudirman Said yang masuk dalam usulan alternatif selain Anies "Tidak ada (Sudirman Said) dalam usulan," katanya.

Senada dengan Khoirudin, Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Abdul Aziz juga membenarkan ihwal usulan nama Anies Baswedan untuk Pilgub mendatang. Aziz mengungkap keputusan itu dibuat berdasarkan aspirasi para kader.

"Iya benar cuman ini belum final, belum ada keputusan resmi dalam bentuk surat, masih bisa berubah-ubah referensinya," kata Aziz.

"Kami mengadopsi keinginan para kader yang menginginkan pak Anies ini dicalonkan kembali oleh PKS. Jadi kami menampung aspirasi dari para kader," sambungnya.

Aziz pun menekankan bahwa usulan ini belum bersifat final. Setelah nama Anies di bawa ke DPP pun, partainya tetap melihat dinamika yang terjadi menjelang pendaftaran.

"Seperti dulu kan kita pernah mengusung Pak Mardani Ali Sera untuk menjadi gubernur, tapi di detik-detik terakhir tiba-tiba kami melihat bahwa masyarakat mendukung Pak Anies. Ya jadi ini kita balik. DPP memutuskan menggantikan (Mardani dengan Anies). Ini kan politik ya, politik kan dinamis. Tergantung keinginan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut komunikasi PKS dengan Anies terjalin sangat baik. PKS sangat terbuka apabila Anies ingin maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta. Meski demikian, Ia menyebut PKS akan memprioritaskan kadernya ketimbang Anies.

"Tapi beliau belum secara resmi, kan, bilang mau maju. Masih komunikasi," kata Mardani. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPW PKS DPW PKS Jakarta Pemilihan Gubernur pilgub dki jakarta Anies Baswedan Khoirudin DPP PKS anies baswedan diusung pks