Fakhri Husaini Mengajar di POR Unmuh Jember, Bentuk Mahasiswa Berkompetensi Praktikal

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

31 Oktober 2023 05:01 31 Okt 2023 05:01

Thumbnail Fakhri Husaini Mengajar di POR Unmuh Jember, Bentuk Mahasiswa Berkompetensi Praktikal Watermark Ketik
Eks Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini Mengajar di POR Unmuh Jember (Foto: Humas Unmuh Jember)

KETIK, JEMBER – Program Praktisi Mengajar membuka peluang bagi perguruan tinggi berkolaborasi dengan praktisi untuk menambah kompetensi mahasiswa.

Dengan melibatkan praktisi dipercaya mampu menambah wawasan mahasiswa menghadapi tantangan dunia profesional saat ini.

Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, salah satu perguruan tinggi yang menerapkan Program Praktisi Mengajar. Unmuh Jember mengundang coach Fakhri Husaini mengajar mata kuliah Keterampilan Dasar Sepak Bola di Program Studi S1 Pendidikan Olahraga (POR).

Fakhri berkolaborasi dengan dosen pengampu mata kuliah, Dr. Rizki Apriliyanto, dalam pertemuan belajar mengajar mahasiswa semester 3 selama 12 jam dalam satu semester sejak Selasa (24/10/2023) sampai Selasa (31/10/2023).

Ahmad Sulaiman, Kepala Program Studi POR Unmuh Jember, memiliki alasan yang kuat dalam memilih coach Fakhri sebagai praktisi mengajar. 

“Beliau adalah eks pelatih Timnas U-16 sepak bola Indonesia, yang memiliki pengalaman sebagai pemain dan pelatih, saat ini bahkan tengah menempuh kursus kepelatihan sepak bola A Pro AFC, lisensi tertinggi di Asia,” ungkap Ahmad.

Dalam program praktisi mengajar ini, coach Fakhri membahas dasar-dasar sepak bola dengan penekanan pada komponen teknik seperti passing, receiving, ball control dan banyak lainnya.

Dengan sepak terjangnya di dunia olahraga, mahasiswa akan mendapatkan wawasan yang mendalam dalam aspek-aspek teknis sepak bola.

Sementara, coach Fakhri, menyambut positif program praktisi mengajar mengingat dampaknya kepada calon generasi emas khususnya sepakbola di Indonesia.

“Saya sangat senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan teman-teman mahasiswa di POR Unmuh Jember yang dimana nantinya kebanyakan dari mereka lulus akan menjadi guru olahraga, dengan memiliki basic mengajar pada Keterampilan Dasar Sepak Bola maka harapannya nanti generasi selanjutnya akan mendapatkan ilmu sepak bola yang lebih baik,” ujar Fakhri. 

Mahasiswa semester 3 POR mengaku senang dengan adanya program praktisi mengajar, ilmu dan pengalamannya yang disampaikan sangat efektif dan bermanfaat.

“Kami sangat senang bisa menyerap ilmu keterampilan dasar sepak bola yang diberikan Coach Fakhri, banyak basic yang bisa kami pelajari. Terutama ini juga bisa dibilang merupakan momen langka dikarenakan bisa diajar langsung oleh Coach Fakhri Husaini,” kata Vido.(*)

Tombol Google News

Tags:

Program praktisi mengajar Fakhri Husaini mengajar Prodi Olagraga Universitas Muhammadiyah Jember Jember