Gerakan Pemupukan Organik untuk Pertanian Jember yang Berkelanjutan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

25 Mei 2023 04:32 25 Mei 2023 04:32

Thumbnail Gerakan Pemupukan Organik untuk Pertanian Jember yang Berkelanjutan Watermark Ketik
Potret Bupati Jember Hendy Siswanto bersama petani, Rabu (25/5/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember berdasarkan arahan Pemerintah Pusat melalui Menteri Pertanian, telah memulai pencanangan kembali penggunaan pupuk organik di kawasan Kabupaten Jember.

Diwujudkan melalui Gerakan Pemupukan Organik Tanaman Pangan yang diselenggarakan secara serentak di Kabupaten Jember pada Rabu (24/5/2023). 

Acara diselenggarakan secara luring di lahan pertanian Poktan Tani Makmur Desa Dukuhdempok Kecamatan Wuluhan. Serta secara daring zoom meeting yang tersebar di 9 titik wilayah diantaranya BPP Ajung, BPP Sumberjambe, BPP Sumbersari, BPP Silo, BPP Arjasa, BPP Gumukmas, BPP Bangsalsari, BPP Tanggul, dan BPP Balung.

Bupati Jember Hendy Siswanto turut serta dalam pencanangan tersebut sekaligus meninjau hasil produksi pupuk organik. Selanjutnya melakukan pemupukan menggunakan pupuk organik di lahan pertanian Poktan Tani Makmur Desa Dukuhdempok.

Poktan Tani Makmur sudah berhasil menjalankan kegiatan produksi pupuk organik secara mandiri. Teknik yang digunakan yaitu hasil fermentasi berbagai macam limbah dapur organik, gula dan hair yang disebut eco-enzim.

Kemudian eco-enzim tersebut disebut pupuk organik plus yang digunakan Poktan Tani Makmur sebagai peningkatan produktivitas pertanian.

Sementara itu, Bupati Hendy Siswanto memastikan secara langsung efektivitas dari pupuk organik plus tersebut. “Tentunya disamping menaikan produktivitas, juga menaikan PH dan membenahi masalah unsur hara lahan pertanian di Kabupaten Jember,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa penggunaan pupuk organik tidak hanya untuk pertanian padi saja, tetapi juga untuk tanaman lainnya.

Pemkab Jember saat ini sedang membangun pabrik pupuk organik secara bertahap. “Pelaksanaannya akan dilakukan bertahap dari pupuk organik plus. Wes wayahe Jember mandiri pangan dan wes wayahe Jember mandiri pupuk,” lanjutnya.

Harapan nantinya petani Jember dapat menggunakan pupuk organik untuk meningkatkan produktivitas disamping juga menghadapi fenomena El-Nino yang akan datang.

Selain itu, Pemkab Jember akan memudahkan izin edar dari pupuk organik plus dan akan digunakan terlebih dahulu oleh petani Jember sebelum menjangkau kalangan petani lainnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pupuk organik eco-enzim Jember poktan Pemkab Jember Hendy Siswanto