Hari Ketiga Pomprov Jatim 2023 Jember, Unesa Sementara Puncaki Perolehan Medali

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

17 Juli 2023 13:07 17 Jul 2023 13:07

Thumbnail Hari Ketiga Pomprov Jatim 2023 Jember, Unesa Sementara Puncaki Perolehan Medali Watermark Ketik
Kontingen cabang olahraga takraw Unesa, Senin (17/7/2023) (Foto: Humas Bapomi Jatim)

KETIK, JEMBER – Memasuki hari ketiga Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomprov) Jatim ke-2, persaingan peserta semakin sengit. Masing-masing tim terus menunjukan kemampuan terbaiknya.

Berdasarkan update perolehan medali sementara pada Senin, 17 Juli 2023, pukul 13.20 WIB, tim Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berada di posisi puncak, disusul posisi kedua Universitas Negeri Malang (UM).

Sejauh ini, Unesa masih menduduki klasemen tertinggi dengan perolehan medali, 5 emas, 3 perak, 2 perunggu. Total medali yang mereka kumpulkan yaitu 10 keping. Didominasi cabang olahraga takraw.

UM yang berada di posisi kedua, berhasil mengantongi 4 emas, 2 perak dan 4 perunggu. Sudah 10 medali yang mereka kumpulkan. Yang didominasi cabor renang.

Pada posisi ketiga, ada tim Ubaya yang mengejar dengan mengantongi 2 emas, 1 perak. Total emas sementara yang mereka dapat yaitu 3 keping. Masih terpaut 7 keping medali dari UM dan Unesa.

Selanjutnya pada posisi keempat, ada Umsida (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) yang juga berhasil mendapatkan 2 emas.

Berikutnya, Universitas Brawijaya (UB) menempati posisi ke-5 klasemen Pomprov Jatim, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya posisi ke-6, IKIP Budi Utomo Malang posisi ke-7, Universitas Nusantara PGRI Kediri posisi ke-8, Universitas Narotama posisi ke-9, UPN Veteran Jatim posisi ke-10 dan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang posisi ke-11.

Gusti Ananta Belva Pratama, atlet Unesa peraih dua medali cabor renang mengatakan atmosfer persaingan perebutan medali cukup sengit. Kendati demikian, dia berhasil meraih target dengan mengantongi 1 emas pada nomor 50 meter gaya punggung pria dan 1 perak pada 100 meter gaya bebas pria.

"Waktu SMA saya sering ikutan kompetisi renang baik tingkat antar sekolah hingga antar kota. Sudah 100 lebih medali saya raih waktu itu dan di Pomprov ini adalah kali pertama saya meraih emas untuk Unesa. Bangga rasanya setelah berhasil meraih emas. Ini jadi motivasi buat saya ke depan," ucap mahasiswa S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga itu.

Pembina cabang olahraga takraw Unesa, Arif Bulqini, melihat Pomprov II Jatim ini sebagai ajang unjuk kebolehan para atlet membawa nama kampusnya masing-masing.

Dia menambahkan, sejak awal pihaknya sudah menargetkan meraih hasil maksimal pada cabor takraw yang mempertandingkan 4 nomor. Sampai pada kompetisi terakhir, timnya mendapatkan 3 emas sekaligus.

"Ini capaian yang luar biasa, karena penantang Unesa di babak penentuan itu termasuk tim yang tangguh dengan skill permainan yang tidak bisa diragukan. Semoga prestasi ini menjadi modal yang bagus untuk menyambut kompetisi olahraga tingkat nasional," ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pomprov Jatim Pomprov perolehan sementara medali Jember