Hyundai Berikan Sertifikat Kepada 3 Pemasok Lokal yang Lulus Program R&D

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

18 Januari 2024 07:55 18 Jan 2024 07:55

Thumbnail Hyundai Berikan Sertifikat Kepada 3 Pemasok Lokal yang Lulus Program R&D Watermark Ketik
President Director of PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Bong Kyu Lee saat memberikan sertifikat kepada salah satu pemasok lokal. (Foto: dok Hyundai)

KETIK, JAKARTA – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memberikan sertifikat pada tiga pemasok komponen lokal. Sertifikasi ini merupakan puncak dari program Research & Development (R&D) Supplier Education di mana para pemasok telah sukses menyelesaikan seluruh program peningkatan kompetensi dalam kemampuan mendesain komponen mobil.

Sebagai sentra produksi kendaraan Hyundai di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), PT Hyundai Motor Manufacturing aktif menggandeng mitra lokal untuk berbagi teknologi dan meningkatkan kapabilitas serta kompetensi para pemasok.

President Director of PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Bong Kyu Lee mengatakan, aktivitas ini dilakukan lewat rangkaian edukasi Supplier Education. Setelah menjalani rangkaian program sejak 2021, tiga pemasok diberi sertifikat atas pencapaian “Kapabilitas Desain Mandiri".

 “Sebagai manufaktur global, kami ingin berkembang secara berkelanjutan, untuk itu diperlukan kolaborasi yang erat dengan para mitra, termasuk pemasok komponen," jelasnya di Jakarta (17/1/2024).

Sertifikat diberikan pada PT Frina Lestari Nusantara, PT Autoplastik Indonesia dan PT Dasa Windu Agung, para pemasok komponen berstandar kualitas Original Equipment Manufacture (OEM). ketiganya membuktikan peningkatan kompetensinya dengan membangun fasilitas riset dan pengembangan (R&D) hingga mampu membuat desain secara mandiri.

Foto Proses Research and Development program. (Foto: Dok Hyundai)Proses Research and Development program. (Foto: Dok Hyundai)

Prestasi ini merupakan kali pertama di Indonesia. Di mana pemasok bisa membuat desain komponen sendiri untuk kemudian disuplai pada produsen kendaraan.

"Hyundai selalu aktif berbagi teknologi untuk mencapai keunggulan bersama-sama pemasok di Indonesia melalui program pelatihan yang komprehensif.” tambahnya.

Sementara itu, President Director PT Dasa Windu Agung Edwin Setjodiningrat menuturkan sertifikati ini merupakan membuktikan jika perusahaan lokal Indonesia mampu bersaing dan naik kelas di industri otomotif dengan menggunakan sumber daya lokal.

"Cita-cita kami selama ini sebagai perusahaan lokal 100% Indonesia agar bisa naik kelas menjadi perusahaan otomotif yang mampu mendefinisikan dan mengajukan hal baru kepada pabrikan dengan mempertimbangkan berbagai kapabilitas sumber daya lokal," tuturnya

Program R&D Supplier Education telah dijalankan oleh HMMI sejak 2021 dan menjadi program berkelanjutan yang aktif digelar sejak awal beroperasi di Indonesia.

Melalui sistematika pembelajaran serta pelatihan yang mendalam, tak kurang 63 pemasok diberikan pengetahuan engineering tingkat lanjut serta dibimbing untuk meningkatkan kualitas engineeringnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Hyundai Research and Development sertifikasi pemasok lokal