Jangkau Pemukiman Terpencil, Main Jember Offroad Bagikan Bantuan Sosial

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

18 September 2023 05:58 18 Sep 2023 05:58

Thumbnail Jangkau Pemukiman Terpencil, Main Jember Offroad Bagikan Bantuan Sosial Watermark Ketik
Kegiatan baksos Main (Menjelajah Alam Indonesia) Jember di Pantai Papuma, (17/9/2023) (Foto: Main Jember)

KETIK, JEMBER – Kegiatan offroad Menjelajah Alam Indonesia (Main) Jember tidak hanya soal petualangan menaklukkan medan berat. Peserta Main Jember 2023 membuktikan bahwa petualangan dapat menjadi sarana untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya.

Main Jember telah digelar sejak 14-17 September 2023 kemarin, para peserta berhasil menyelesaikan rute dari Alun-alun Jember hingga Pantai Cemara, Puger.

Di tengah menjelajahi Bumi Pandalungan di wilayah Selatan, peserta Main Jember mengadakan aksi bakti sosial di daerah yang mereka lewati selama offroad.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pelaksana Main Jember, Dedi Junaedi. Pihaknya sudah menyiapkan 250 paket baksos berupa bapokting untuk masyarakat desa yang kurang beruntung.

Offroader sangat memungkinkan menjangkau desa-desa terpencil dengan akses yang sulit. Hal yang sukar dilakukan oleh kendaraan biasa lainnya.

“Kita siapkan 250 paket baksos, yang dibagikan di jalur-jalur yang kita lalui. Seperti Kota Blater, Pantai Papuma, dan Pantai Cemara,” papar Dedi, Minggu (17/9/2023).

Selain itu, para peserta Main Jember 2023 juga berkomitmen untuk menanam ratusan pohon. Hal itu merupakan bentuk kepedulian dalam menjaga alam Indonesia agar tetap asri.

“Sekitar 500 pohon sudah kita siapkan. Rencananya ditanam di sekitar Ungkalan daerah Perhutani yang arah ke Pantai Bandealit atau sekitar pantai selatan,” sebutnya.

Namun, penanaman pohon ini ditangguhkan. Ia masih menunggu waktu yang tepat agar pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik. 

“Karena ini masih musim kemarau belum bisa kita lakukan nanti menunggu musim hujan baru bisa lakukan,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

MAIN Jember Menjelajah Alam Indonesia offroad Indonesia Offroad Federation Jember pariwisata