Jelang Pilkada 2024, Polres Blitar Gelar Focus Group Discussion

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Gumilang

10 September 2024 22:15 10 Sep 2024 22:15

Thumbnail Jelang Pilkada 2024, Polres Blitar Gelar Focus Group Discussion Watermark Ketik
FGD di Polres Blitar, Selasa (10/9/2024). (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Guna memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berlangsung dengan aman dan damai, Polres Blitar mengadakan Focus Group Discussion (FGD), Selasa, 10 September 2024. Kegiatan itu mengambil Penguatan dan Peran Media dalam Mewujudkan Pilkada Aman dan Damai Tahun 2024. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Tantya Sudhirajati Mapolres Blitar ini dihadiri oleh Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria, pejabat utama Polres Blitar, kapolsek, serta sejumlah awak media yang bertugas di wilayah Blitar Raya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Wiwit Adisatria, pada sambutannya menjelaskan tentang betapa pentingnya peran media dalam tiap proses Pilkada. Terutama dalam turut serta menciptakan Pilkada kondusif.

“Media memiliki peran vital membentuk opini publik. Karena itu, saya mengajak seluruh insan media untuk menjaga situasi kondusif, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjalankan peran dengan penuh tanggung jawab,” jelasnya.

Kapolres juga mengingatkan tentang pentingnya mematuhi kode etik jurnalistik. "Degan harapan, awak media dapat menyajikan berita yang objektif dan akurat untuk menjaga kerukunan antarwarga," ucapnya.

Sementara itu, hal sama disampaikan KPU Kabupaten Blitar Sugino menyatakan bahwa sinergi antara media, pemerintah, dan aparat keamanan adalah kunci untuk menciptakan Pilkada yang bersih dan damai.

"Bahwa pengawasan yang efektif dan pemberitaan yang berimbang sangat penting perannya untuk mengurangi potensi konflik dan menjaga transparansi proses pemilihan," katanya.

Diskominfo pun juga menyoroti peran media dalam melawan penyebaran hoaks, yang selama ini sering muncul selama periode pemilihan.

Melalui kegiatan FGD ini, diharapkan para media dapat semakin memperkuat perannya dalam menjaga stabilitas sosial dan politik menjelang Pilkada 2024, sehingga proses pemilihan dapat berlangsung dengan damai dan aman. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Blitar Blitar Kabupaten Blitar FGD Media Pilkada 2024