Kaleidoskop 2023: Momen Paling Viral Dari Januari Hingga Desember di Kota Pahlawan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

26 Desember 2023 10:17 26 Des 2023 10:17

Thumbnail Kaleidoskop 2023: Momen Paling Viral Dari Januari Hingga Desember di Kota Pahlawan Watermark Ketik
Olah TKP Kasus Penganiayaan yang dilakukan oleh Ronald Tannur di Karaoke Black Hole. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sepanjang tahun 2023 banyak momen yang paling mengejutkan masyarakat di Kota Surabaya. Mulai dari berita viral Sidang Perdana Tragedi Kanjuruhan Hingga Kota Surabaya dipercaya untuk menyelenggarakan Natal Nasional 2023.

Berikut berita viral sepanjang 2023 yang terjadi di Surabaya berhasil dihimpun oleh Tim Ketik.co.id.

Januari

1. Pemkot Surabaya Sukses Wujudkan Herd Immunity

Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur dinilai sukses mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah masyarakat selama pandemi Covid-19.

Kemenkes RI memberikan 3 penghargaan terdiri dari kategori untuk Instansi (Pemkot Surabaya), Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) dan Individu (Kepala Puskesmas).

2. Sidang Perdana Tragedi Kanjuruhan di PN Surabaya

Sidang perdana kasus Tragedi Kanjuruhan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya hari ini. Lima orang terdakwa didakwa lalai yang menyebabkan orang lain meninggal dunia.

Kelima terdakwa yakni Wahyu Setyo Pranoto (eks Kabag Ops Polres Malang), Bambang Sidik Achmadi (eks Kasat Samapta Polres Malang), Hasdarmawan (eks Danki 3 Brimob Polda Jatim), Suko Sutrisno (Security Officer Arema FC), dan Abdul Haris (panpel Arema FC). Mereka didampingi 13 penasihat hukum.

Februari

1. Wali Kota Eri Cahyadi Rotasi 35 pejabat Pemkot Surabaya

Eri Cahyadi melakukan perputaran jabatan atau rotasi kepada pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Karenanya, sebanyak 35 pejabat pemkot dirotasi.

Apalagi, pemerintah telah menerapkan Sistem Merit, yakni kebijakan dan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

2. KLHK Pilih Surabaya Sebagai Kota Percontohan

Di Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN), Pemkot Surabaya menerima kunjungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, di instalasi Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo.

Alasannya memilih Surabaya sebagai salah satu kota jujukan di HPSN 2023. Menurutnya, Surabaya adalah kota pertama yang berhasil memberikan bukti nyata, dalam pengelolaan sampah menjadi energi listrik. 

Maret

1. Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Dalam keterangan itu berisi bahwa hasil pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, terkait keadaan saat ini, untuk mengalihkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA 2023.

Kota Surabaya yang menjadi salah satu dari enam lokasi pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia, bertepatan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). 

April

1.Jalan Mayjend Sungkono Banjir Hingga Macet Parah

Jalan Mayjend Sungkono Surabaya disebut banjir setelah diguyur hujan deras. Banjir yang disebut cukup dalam itu membuat sejumlah mobil mogok hingga lalu lintas tidak bergerak.

Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya menyebut pelapis tanggul jebol saat hujan deras menjadi penyebab banjir di kawasan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

Mei

1. Hari Jadi Kota Surabaya 730 Surabaya Vaganza

Kota Surabaya akan menapaki usianya yang ke-730 pada 31 Mei 2023. Untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar beragam acara yang lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya. Bahkan, sejumlah acara itu sudah berskala nasional.

Juni

1. Surabaya Night Zoo Resmi Dibuka

Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan beroperasi malam hari dan menawarkan nama baru, Surabaya Night Zoo (SNZ). 

Di sini, pengunjung bisa menikmati suasana baru di KBS, mengenal satwa nocturnal atau satwa yang aktif di malam hari, hingga menyaksikan berbagai pertunjukan lainnya.

2. Kota Surabaya Sukses Gelar Forum
Smart City Nasional 2023

Kota Surabaya sukses menggelar Forum Smart City Nasional 2023 yang digelar di ballroom Shangri-La Hotel Surabaya pada 12-14 Juni 2023.

Acara yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu didukung penuh oleh Performa Optima Grup

Juli

1. 2500 Anak Meriahkan Puncak Peringatan HAN Tahun 2023

Sekitar 2.500 anak dari jenjang PAUD hingga SMA berkumpul di kompleks Balai Pemuda Surabaya. Mereka merayakan puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar meriah.

Foto Penggeledahan KPK di Kantor PT Perkebunan Nusantara. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Penggeledahan KPK di Kantor PT Perkebunan Nusantara. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

2. KPK Geledah PT Perkebunan Nusantara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI Surabaya. Pemeriksaan KPK ini terkait pengadaan lahan di 2 daerah.

Kedatangan KPK ini dibenarkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Sekretaris Perusahaan PTPN XI, Yunianta. Ia menyebut pemeriksaan kantor terkait pengadaan lahan di Baluran di Situbondo dan Kejayan Pasuruan.

Agustus

1. Uskup Msgr Vincentius Sutikno Wisaksono meninggal dunia

Vikaris Pastoral Keuskupan Surabaya Agustinus Tri Budi Utomo atau akrab dikenal sebagai Romo Didik mengatakan, setelah menjalani perawatan di ruang ICU, kesehatan Vincentius semakin turun. Hingga pada pukul 10.29, pria yang menjabat uskup Surabaya sejak 2007 itu dinyatakan meninggal dunia.

2. 15 Ribu Balita Diare, Pemkot Surabaya Gencarkan Imunisasi Rotavirus

Imunisasi rotavirus digencarkan Dinkes Surabaya. Imunisasi ini mencegah penularan diare akibat rotavirus. Sebab, hingga pertengahan tahun ada 15 ribu lebih anak mengalami diare.

Ketersediaan vaksin rotavirus sudah diperhitungkan sesuai jumlah sasaran bayi lahir.

Imunisasi ini tersedia di posyandu, puskesmas sampai door to door bagi sasaran yang terkendala datang ke fasyankes. 

September

1. Persiapan GBT untuk Piala Dunia U-17

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, akan menjadi tempat bersejarah untuk menyelenggarakan laga pembuka Piala Dunia U-17 2023.

Demi mempersiapkan perhelatan akbar itu, tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga tim dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengecek Stadion GBT. Mereka terus melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Piala Dunia U-17.

2. Deklarasi Anies Cak Imin di Hotel Majapahit

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar deklarasi koalisi dengan Partai NasDem serta duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Anies dan Cak Imin menawarkan perubahan untuk Indonesia lebih baik lewat Pilpres 2024. Sebab, Anies maupun Cak Imin mempunyai program jelas untuk memperbaiki dan mempercepat upaya mewujudkan Indonesia lebih adil, makmur, dan sejahtera.

Oktober

1. Ronald Tannur Anak Anggota DPR Melakukan Penganiayaan di Black Hole

Surabaya dihebohkan dengan kasus viral yaitu anak anggota DPR menganiaya kekasihnya hingga tewas di Black Hole Karaoke Surabaya.

Gregorius Ronald Tannur (31) kini dijerat dengan pasal pembunuhan. Ronald, yang menganiaya kekasihnya, Dini Sera Afrianti alias Andini (27), hingga tewas itu sebelumnya dijerat pasal penganiayaan.

Foto Perayaan Hari Santri yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Perayaan Hari Santri yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

2. Perayaan Hari Santri Nasional
Hari santri, yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, merupakan momen berharga untuk menghormati dan mengenang peran para santri dalam perjuangan melawan penjajah. Puncak peringatan Hari Santri tahun 2023 berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

November

1. Piala Dunia U-17 di GBT Surabaya

Pemkot Surabaya menyatakan siap menggelar event-event bertaraf Internasional di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pasca-suksesnya gelaran Piala Dunia U-17.

Wali Kota Surabaya menegaskan Stadion GBT dan Kota Surabaya sangat yakin bisa menggelar event Piala Dunia maupun event internasional lainnya. Sebab, lanjut dia, di Piala Dunia U-17 pihaknya sudah melewati banyak hal untuk menyesuaikan dengan permintaan FIFA.

2. Meninggalnya seniman Eko Londo

Dikenal dengan nama Eko Londo atau kerap disebut eko Tralala, anggota group lawak Srimulat, berpulang pada Jumat 24 November 2023. Terlahir dengan nama Ong Lie Oen, seniman yang lahir pada Agustus 1957 di Surabaya, meninggal karena sakit.

Desember

1. Jajaran Polda Jatim Berhasil Mengamankan 114kg Sabu

Polisi berhasil meringkus sejumlah 114 kg dari jaringan Jawa-Sumatera, dua tersangka berhasil diamankan yaitu pasangan suami istri, sabu-sabu tersebut diperkirakan senilai Rp100,8 miliar.

2. Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya

Kota Surabaya terpilih menjadi tuan rumah perayaan keagamaan Natal  Nasional pada 27 Desember 2023.

Acara ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Agama dan Menkominfo.

Tak terasa, 2023 segera berakhir, semoga di tahun 2024, kita menjadi pribadi yang lebih baik. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kaleidoskop Kota Pahlawan Kota Surabaya berita viral 2023 Tragedi Kanjuruhan Ronald Tannur Hari Santri 2023 Natal Nasional Meninggalnya Uskup Surabaya Pelawak Eko Londo Piala Dunia U-17 Eko Londo Deklarasi Anies Cak Imin Surabaya