Menikmati Gurih Pedas Rica-rica Mentok di Area Landing Paralayang Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

7 Januari 2024 08:35 7 Jan 2024 08:35

Thumbnail Menikmati Gurih Pedas Rica-rica Mentok di Area Landing Paralayang Kota Batu Watermark Ketik
Porsi Rica Rica Mentok Bu Bawon di area Landing Paralayang Desa Songgokerto Kota Batu (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Rica-rica Mentok adalah menu kuliner yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke Kota Wisata Batu Jawa Timur. Tempat kuliner rica-rica paling rekomendasi di area landing atau tempat pendaratan Paralayang.

Mentok atau entok yang dimasak dengan bumbu pedas khas Jawa Timur. Yaitu Bumbu dasar cabai rawit hijau dipadu dengan kecap manis dan saus tiram. Gurih, manis, dan pedas dengan daging entok legit.

Namun, di Warung Bu Bawon sedikit berbeda. Perempuan 50 tahun tersebut menambahkan daun kemangi dan daun bawang dengan melimpah. Sehingga, cita rasa gurih, manis dan pedas berpadu dengan segarnya daun kemangi dan daun bawang.

"Saya sengaja menambah banyak kemangi dan daun bawang supaya rasanya lebih segar. Selain itu, daun kemangi bisa menghilangkan bau prengus yang ada di daging mentok," ujar Purwani Bawon, Pemilik Warung Bu Bawon, Minggu (7/1/2024).

Foto Rombongan pelanggan bersiap menikmati Rica Rica Mentok Bu Bawon di area Landing Paralayang Desa Songgokerto Kota Batu, Minggu (7/1/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Rombongan pelanggan bersiap menikmati Rica Rica Mentok Bu Bawon di area Landing Paralayang Desa Songgokerto Kota Batu, Minggu (7/1/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Warung Bu Bawon berada di area Landing Paralayang di Desa Songgokerto Kecamatan Batu Kota Batu. Oleh karena itu, menikmati Rica Rica Mentok akan semakin nikmat karena pengunjung bisa sambil menyaksikan atlet paralayang mendarat. 

Belum lagi, pemandangan perbukitan yang hijau akan memanjakan mata pengunjung sambil menikmati Rica Rica Mentok di Warung Bu Bawon.

"Saya berjualan sejak 2002. Waktu itu masih jualan di pinggir jalan raya. Baru sekitar 2007 saya pindah sini (landing paralayang)," tambahnya.

Menurut Perempuan yang akrab disapa Bu Bawon itu, dalam sehari ia bisa menghabiskan satu ekor mentok untuk dimasak Rica Rica. Mentok tersebut merupakan hasil peliharaannya sendiri. Namun, jika penjualan sedang ramai, ia membeli mentok di pasar.

"Baik Sabtu Minggu atau hari biasa, rata rata saya menghabiskan satu ekor mentok. Karena disini tiap hari ada orang latihan paralayang," ujar perempuan asli kelurahan Songgokerto tersebut.

Untuk menikmati satu porsi Rica Rica Mentok pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Hanya dengan Rp 25 ribu, anda sudah bisa menikmati gurihnya Rica Rica Mentok Bu Bawon. 

Selain itu, Warung Bu Bawon juga menyiapkan menu tahu telor dan aneka minuman seperti kopi, teh dan jeruk. "Satu porsi Rp 25 ribu, kalau nasi bisa ambil sendiri sepuasnya. Untuk tahu telor harganya, Rp 10 ribu perporsi," ulas Bu Bawon. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu rica rica mentok Landing Paralayang Kelurahan Songgokerto