PERHATIAN! Sebelum Mudik Wajib Tahu Hal Ini Agar Terhindar dari Kantuk saat Berkendara

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

9 April 2024 05:00 9 Apr 2024 05:00

Thumbnail PERHATIAN! Sebelum Mudik Wajib Tahu Hal Ini Agar Terhindar dari Kantuk saat Berkendara Watermark Ketik
Ilustrasi mengemudi. (Foto: Freepik)

KETIK, SURABAYA – Mudik merupakan suatu budaya di Indonesia. Momen ini jadi ritus tahunan saat Idul Fitri tiba untuk silaturahmi ke sanak saudara.

Saat mudik, pengemudi mobil sering mengantuk karena perjalanan jauh dan juga jam tidur yang berubah, ditambah lagi dengan tidak bisa minum dan makan saat berkendara.

Bagi anda yang mau mudik, begini tips menghindari kantuk saat mudik lebaran 2024.

1. Hindari makan terlalu kenyang

Jangan terlalu kenyang saat sahur karena akan memancing kantuk dan kembali tidur di pagi hari sehingga malas melanjutkan aktivitas.

Padahal di waktu yang sama harus mengemudi mobil. Sisa kantuk yang masih tertinggal dapat membuat refleks dan konsentrasi tubuh menurun, sehingga berbahaya jika dipaksakan.

Kendalikan nafsu makan ketika buka puasa mengingat masih harus menyetir mobil. Anda tidak akan merasa nyaman ketika duduk di bangku pengemudi dengan perut kekenyangan.

Ditambah, serangan kantuk yang dapat terjadi kapan saja akibat kadar gula darah dalam tubuh yang melonjak drastis.

2. Beristirahat sejenak di Rest Area

Berhenti dan beristirahatlah di rest area selama beberapa waktu. Saat tidur di dalam mobil, pastikan mesin dalam keadaan mati. Pastikan pula kecukupan oksigen dengan membuka kaca jendela.

Setelah mendapatkan waktu tidur yang dirasa cukup, lakukan peregangan dengan berjalan-jalan selama beberapa menit di sekitar rest area agar badan tidak lemas dan otak bisa segar kembali

3. Lakukan peregangan otot

Melakukan peregangan otot saat menyetir dapat menjadi satu di antara solusi mencegah kantuk saat berkendara. Namun, pastikan agar peregangan otot yang Anda lakukan tidak mengganggu Anda menyetir.

Peregangan otot yang dilakukan secara rutin dapat membantu memperlancar aliran darah ke otak. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa mengantuk yang Anda alami.

4. Hindari menyetir jarak jauh sendirian

Jika jarak yang akan ditempuh terlalu jauh, sangat tidak disarankan untuk menyetir sendirian. Hal ini berarti Anda butuh teman untuk menemani waktu-waktu berkendara.

Dengan keberadaannya, Anda jadi memiliki teman untuk berbicara selama berkendara. Selain itu, ketika Anda mulai merasa lelah atau mengantuk, teman Anda mungkin dapat membantu dengan bergantian menyetir.

5. Mengobrol atau memutar musik

Saat rasa kantuk menyerang, akan lebih baik jika Anda mengobrol dengan orang-orang lain yang berada di dalam mobil. Bicarakanlah hal-hal yang menarik sehingga perhatian Anda tidak lagi terfokus pada rasa kantuk.

Jika kebetulan tidak ada penumpang, Anda dapat menyetel radio atau musik dengan volume yang cukup keras. Namun, hati-hati, jangan sampai mendengarkan musik justru membuat konsentrasi Anda dalam menyetir terganggu.

Membuka kaca jendela juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan mengusir rasa kantuk. Sebab, telinga Anda tidak akan pernah berhenti mendengar suara mobil berjalan. (*)

Tombol Google News

Tags:

mudik Lebaran 2024 kantuk cara atasi kantuk Tips Mudik Idul Fitri