Peringati Hari Air Sedunia, Ajak Masyarakat Pulihkan Hutan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

21 Maret 2023 11:26 21 Mar 2023 11:26

Thumbnail Peringati Hari Air Sedunia, Ajak Masyarakat Pulihkan Hutan Watermark Ketik
Penanaman pohon oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi Jatim (Foto: Fenna/ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Bertepatan dengan Hari Air Sedunia yang diperingati setiap 22 Maret, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Provinsi Jawa Timur mengajak masyarakat melakukan reboisasi hutan.

Yakni dengan cara Penanaman Pohon dan Tabur Benih Ikan Serentak yang digelar di Lapangan Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jemberpada Selasa (21/3/2023) pagi.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur Baju Trihaksoro dan Asisten 2 Bidang Perekonomian Pemerintah Kabupaten Jember Hendro Sulistijono mewakili Bupati Jember yang sedang menjalankan ibadah umrah.

Acara ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai instansi pemerintahan dan relawan peduli pelestarian alam.

Foto Peringatan Hari Air Sedunia di Lapangan Klungkung, Sukorambi (Foto: Fenna/ketik.co.id)Peringatan Hari Air Sedunia di Lapangan Klungkung, Sukorambi (Foto: Fenna/ketik.co.id)

Menurut Baju Trihaksoro kegiatan tersebut merupakan langkah mitigasi pemerintah provinsi terhadap titik-titik rawan bencana di Jawa Timur. Selain itu, upaya dalam mengelola air yang merupakan bagian dari hidup manusia agar kebutuhan air bersih tercukupi.

 Baju Trihaksoro mengingat kini terjadi kerusakan hutan sebesar 30 persen. Nantinya dampak tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja, namun seluruh dunia khususnya yang kekurangan air.

“Tujuannya menangani tata kelola air,  sehingga air ini jangan sampai berkurang. Karena indonesia merupakan paru-paru dunia,” ujar Baju Trihaksoro.

Sementara itu, Hendro Sulistijono menyatakan dengan dilakukannya penanaman pohon ini untuk memperbaiki dampak kerusakan hutan dari hulu air. Sehingga pengelolaan resapan air di bagian hilir seperti lubang biopori di kawasan perkotaan dapat optimal.

Ia menambahkan, selain sebagai pencegahan bencana alam akibat kerusakan hutan, juga sebagai penyimpan cadangan air bersih. 

“Penanaman pohon ini disamping nanti akan menahan longsoran, di mana akar sebagai penahan tanah agar tidak longsor, d isisi lain mampu menimbun cadangan air yang ada di tanah,” terang Hendro Sulistijono.

Upaya mengembalikan kembali fungsi-fungsi hutan yang rusak ini tak lain untuk menyeimbangkan kembali ekosistem yang ada. Hendro juga mengimbau warga sekitar agar berperan serta menjaga kelestarian alam.

“Mari kurangi pencemaran sungai, jangan membuang sampah pada sungai. Karena sejatinya sungai itu sumber kehidupan bagi semuanya,” imbau Hendro.(*)

Tombol Google News

Tags:

peringati Hari Air Sedunia Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur jatim Jember Tanam Pohon tebar benih ikan