Pilkada Serentak 2024 Didominasi Pemilih Muda, KPU Kota Blitar Gelar Sosialisasi di Kampus

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Muhammad Faizin

26 Oktober 2024 14:21 26 Okt 2024 14:21

Thumbnail Pilkada Serentak 2024 Didominasi Pemilih Muda, KPU Kota Blitar Gelar Sosialisasi di Kampus Watermark Ketik
Kegiatan KPU Goes To Campus dalam Pilkada Serentak 2024 di Yonif 511 Badak Hitam Blitar, Sabtu 26 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menggelar kegiatan sosialisasi bertajuk “KPU Goes To Campus dalam Pilkada Serentak 2024” di Yonif 511 Badak Hitam Blitar, Sabtu 26 Oktober 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh 46 mahasiswa perwakilan dari enam kampus di Kota Blitar. Acara tersebut merupakan bagian dari upaya KPU Kota Blitar dalam meningkatkan partisipasi pemilih muda pada Pilkada Serentak 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

“Hari ini kami menggelar participation camp angkatan kedua tahun 2024. Sasaran sosialisasi kami kali ini adalah rekan-rekan dari mahasiswa-mahasiswi se-Kota Blitar yang terbagi di beberapa kampus,” jelas Ketua KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya.

Rangga menegaskan, pentingnya peran pemuda dalam pemilihan umum, mengingat 55 persen dari total 120.181 pemilih di Kota Blitar adalah pemilih muda.

 

Foto Ketua KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya, Sabtu 26 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)Ketua KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya, Sabtu 26 Oktober 2024. (Foto: Favan/ketik.co.id)

 

"Pada kesempatan kali ini kami mengajak para rekan-rekan pemuda ini yang masuk di 55 persen pemilih muda yang ada di Kota Blitar. Dari total 120.181 pemilih, yang 55 persennya merupakan anak muda,” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, KPU Kota Blitar juga mendorong para mahasiswa untuk menjadi agen partisipasi dalam Pilkada 2024.

“Kami mengajak mereka untuk menjadi agen partisipasi dalam Pilkada 2024 nanti 27 November 2024. Agar mereka bisa mengajak teman-teman mahasiswa dan pemuda-pemudi lainnya,” imbuh Rangga.

Rangga berharap momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda dapat menjadi pendorong bagi generasi muda untuk lebih nasionalis dan patriotik dengan menggunakan hak pilih mereka di TPS.

"Karena hari ini dekat juga dengan momentum Sumpah Pemuda ya, agar mereka juga bisa menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme dengan nanti menggunakan hak pilih mereka untuk datang ke TPS,” ujarnya.

Ia menyoroti idealisme tinggi yang dimiliki anak muda yang kadang bisa berujung pada sikap golput jika tidak ada kandidat yang cocok di mata mereka.

“Anak muda ini memiliki sifat idealisme tinggi, di saat tidak ada pemimpin yang menurut mereka cocok, maka mereka bisa tidak datang ke TPS, itu yang akan kita cegah melalui sosialisasi kali ini,” lanjut Rangga.

Lebih lanjut, ia mengingatkan para peserta akan pentingnya berpartisipasi dalam Pilkada 2024 yang tinggal tersisa 31 hari lagi. “Kami berikan pemahaman pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan Pilkada 2024 yang kurang 31 hari lagi ini,” tambahnya.

Selain itu, KPU Kota Blitar berharap para mahasiswa yang hadir dapat menjadi agen KPU dalam meningkatkan partisipasi di TPS dan berkontribusi mencapai target tingkat partisipasi pemilih yang lebih tinggi dari 80 persen.

“Harapan kami, disaat para mahasiswa ini nantinya kami jadikan agen dari KPU Kota Blitar, agar mengajak teman-temannya menyalurkan hak pilihnya ke TPS dan menjadikan peningkatan partisipasi di Pilkada 2024,” tuturnya.

“Dari pengalaman kemarin belum pernah menginjak angka partisipan pemilihan 80 persen, target kami Insya Allah di tahun 2024 ini bisa lebih dari itu,” ujarnya.

Kegiatan “KPU Goes To Campus” akan berlangsung selama dua hari, dari Sabtu hingga Minggu. Selain sosialisasi, para peserta juga akan merasakan pengalaman dididik di Yonif 511 Badak Hitam untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme mereka.

“Rangkaian acara ini digelar 2 hari ya, hari ini dan besok. Kami juga berharap adik-adik bisa merasakan momentum dididik di Yonif 511 ini untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalismenya,” pungkas Rangga. (*) 

Tombol Google News

Tags:

KPU KPU Kota Blitar Blitar Kota Blitar Sosialisasi mahasiswa KPU Goes to Campus 511 Badak hitam Blitar Pilkada 2024 Pemuda