Pjs Bupati Bandung Berharap BRIS Buka Peluang Luas Tingkatkan Investasi

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

8 Oktober 2024 07:53 8 Okt 2024 07:53

Thumbnail Pjs Bupati Bandung Berharap BRIS Buka Peluang Luas Tingkatkan Investasi Watermark Ketik
Pjs Bupati Bandung Dikky Achmad Sidik membuka Bandung Regency Investment Summit (BRIS) 2024, di Grand Sunshine Soreang, Senin (7/10/24).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bandung Dikky Achmad Sidik membuka Bandung Regency Investment Summit (BRIS) 2024, di Grand Sunshine Soreang, Senin (7/10/2024).

Dikky Achmad Sidik menjelaskan, penyelenggaraan BRIS perdana ini merupakan bagian dari strategi Pemerintah Kabupaten Bandung dengan membentuk sebuah forum, dalam rangka peningkatan investasi di Kabupaten Bandung 

Dikky Achmad bilang, saat ini Kabupaten Bandung sudah di peringkat ke-7 di Jawa Barat untuk realisasi investasi, naik dari tahun sebelumnya di urutan 8. 

Berdasar data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung, terealiasi investasi baik Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Kabupaten Bandung tahun 2023 mencapai sebesar Rp8,1 triliun, dengan kontribusi terbesar dari sektor pertanian dan pariwisata yang terus meningkat. 

Angka 8,1 triliun ini peningkatannya mencapai sebesar 133%, bila dibandingkan dengan realisasi investasi ahun 2022. 

Tahun 2024, DPMPTSP Kabupaten Bandung menargetkan realiasi investasi sebesar Rp8,9 triliun hingga akhir tahun ini di mana saat ini sudah tercapai Rp6 triliun.

"Namun demikian tentu saja ini masih harus terus mengembangkan potensi investasi di Kabupaten Bandung yang banyak mempunyai keunggulan. Baik dari aksesbilitas maupun potensi sumber daya alam yang melimpah, khususnya di sektor pertanian, pariwisata dan energi terbarukan," ungkap Dikky kepada wartawan.

Melalui BRIS 2024, pihaknya mendorong potensi-potensi strategis tersebut agar bisa lebih berkembang, sehingga akan berdampak bagi kegiatan ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung. 

"Diharapkan dengan forum BRIS ini bisa membuka peluang lebih luas lagi dan mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi investor baik dari dalam maupun luar negeri yang berminat menanamkan modalnya di Kabupaten Bandung," ucap Dikky

Selain kontribusi dari sektor pertanian dan pariwisata, kata dia, sebenarnya sektor sumber daya alam seperti energi terbarukan pun masih besar potensinya.

"Untuk itulah kami mengundang para calon investor baik dari dalam maupun luar negeri di BRIS ini guna menarik mereka untuk menanamkan modalnya di sektor energi terbarukan, selain sektor pertanian dan pariwisata," kata Dikky.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Bandung Renie Rahayu Fauziyah mengatakan dalam rangka peningkatan investasi, pihaknya akan mendorong untuk dibuatkan kebijakan baru yang diperlukan guna meningkatkan investasi.

"Mudah-mudahan dari hasil forum BRIS ini nanti ke depannya kita pun bisa membuat kebijakan baru sehingga dapat lebih memudahkan investasi masuk ke Kabupaten Bandung. Kami siap bersinergi dengan Pemkab Bandung," tandas Renie.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

pjs bupati bandung PEMKAB BANDUNG dpmptsp investasi