Sekda Minta Tim BPK RI Berikan Arahan Agar Kabupaten Blitar Semakin Baik

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Muhammad Faizin

9 November 2023 12:19 9 Nov 2023 12:19

Thumbnail Sekda Minta Tim BPK RI Berikan Arahan Agar Kabupaten Blitar Semakin Baik Watermark Ketik
Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Izul Marom, M.Sc saat menyambut tim Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Kamis (9/11/2023) (foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Izul Marom, M.Sc yang mewakili Bupati Blitar menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) yang akan memulai tugas di Kabupaten Blitar selama 30 hari ke depan.

Kehadiran tim BPK adalah melaksanakan entry meeting dalam rangka Pemeriksaan Terinci. Ini sebagai kelanjutan dari proses pemeriksaan pendahuluan tim BPK beberapa waktu lalu di Kantor Bupati Blitar Jalan Kusuma Bangsa Nomor 60 Kanigoro, Kamis (9/11/2023).

Drs. Izul Marom, M.Sc berharap tim BPK bersedia memberikan arahan dan bimbingan agar pengelolaan kegiatan atau keuangan pada Pemerintah Kabupaten Blitar semakin hari semakin baik. Sekretaris Daerah ini juga berpesan kepada Inspektur Kabupaten Blitar beserta jajaran agar membantu semaksimal mungkin tim BPK sehingga tugasnya dapat berjalan dengan lancar.

“Saya minta kepada Perangkat Daerah terkait juga membantu kelancaran tugas tim BPK, misalnya dapat memenuhi keperluan tim baik panggilan oleh tim BPK sewaktu-waktu maupun kecukupan dokumen yang diperlukan," ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Inspektur Kabupaten Blitar, Agus Cunanto menyatakan, sesuai tugas fungsinya, Inspektorat memfasilitasi pemeriksaan oleh Pemeriksa Ekstern baik dari BPK, BPKP dan lain-lain. Oleh karena itu selama bertugas di Kabupaten Blitar, tim BPK akan berada di Inpektorat dan pihaknya telah menugaskan personil dijajaran Irban II dan sekretariat yang akan membantu seluruh kegiatan tim.

Lebih lanjut Agus Cunanto menyampaikan, fokus pemeriksaan kali ini, tidak jauh dari pemeriksaan pendahuluan yaitu pemeriksaan terhadap kegiatan pembangunan bidang infrastruktur tahun anggaran 2023, baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan pengadaan maupun pembayaran khususnya pekerjaan Infrastruktur yang pelaksanaannya telah selesai 100% pada saat pemeriksaan. 

Sehingga pekerjaan tim BPK akan lebih banyak di lapangan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan tim juga akan memantau progres pelaksanaan pekerjaan Infrastruktur yang belum selesai jika dianggap perlu.

Untuk diketahui bersama, pada 7 November 2023 tim BPK RI kembali hadir di Kabupaten Blitar dalam kegiatan entry meeting. Tim pemeriksa dipimpin Ketua tim Anung Setyo Wibowo dan tiga anggota yaitu, Heru Kustianto, Gigih Prihandono dan Rivan Ardhi. 

Dalam menyambut tim BPK tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar didampingi oleh Inspektur, Kepala BPKAD, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Pendidikan, dan tim pendamping Inspektorat Kabupaten Blitar yang diketuai Plt Irban II Dra,Sri Astutik, M.Si.

Pelaksanan tugas tim pemeriksa BPK ini didasarkan pada surat tugas dari Kepala Perwakilan BPK Jawa Timur Nomor: 615/ST/XVIII.SBY/11/2023 tanggal 3 November 2023, dalam rangka pemeriksaan Kepatuhan Atas Belanja Modal Infrastruktur Tahun Anggaran 2023 pada Pemerintah Kabupaten Blitar.

Dalam pengantarnya ketua tim pemeriksa menyampaikan bahwa pemeriksaan terinci merupakan kelanjutan dari pemeriksaan pendahuluan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Yaitu pemeriksaan terhadap kegiatan pembangunan bidang infrastruktur tahun anggaran 2023. 

Kali ini lebih rinci dan lebih spesifik, namun demikian tim juga dimungkinkan melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan keuangan disuatu entitas oleh karena hasil pemeriksaan ini juga dalam mendukung pemeriksaan laporan keuangan yang akan datang. (*)

Tombol Google News

Tags:

BPK Sekda Kabupaten Blitar Kabupaten Blitar Blitar Bupati Blitar