Sri Mulyani: 2023 Adalah Ujian, UUP2SK Jadi Bekal 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

2 Januari 2023 05:43 2 Jan 2023 05:43

Thumbnail Sri Mulyani: 2023 Adalah Ujian, UUP2SK Jadi Bekal  Watermark Ketik
Sri Mulyani Menteri Keuangan RI. (Foto: Sekretariat Kabinet) 

KETIK, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani, mengakui bahwa tahun 2022 menjadi tahun yang brutal bagi perekonomian, termasuk bagi negara-negara besar di dunia. 

"Lebih dari US$30 triliun kapitalisasi hilang pada tahun 2022 sehingga investor di global bukan create value, melainkan losing value," ungkapnya, dalam pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) 2023, Senin (2/1/2023) melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Meski begitu, ia menilai capaian Indonesia masih baik dibandingkan dengan negara-negara lain. Ia menyebut, bursa saham Indonesia ditutup dengan sangat resilien di tahun 2022. 

"Ini jadi tantangan yang tidak mudah, dan ini adalah bekal yang bagus untuk memasuki tahun 2023," jelasnya. 

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya akan melakukan penekanan untuk integritas akuntabilitas dan kredibilitas yang akan ditopang dengan pelaksanaan Undang-Undang (UU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) pada 2023. 

"Untuk tahun 2023 penekanan untuk integritas akuntabilitas dan kredibilitas akan ditopang dengan pelaksanaan Undang-Undang P2SK (UU P2SK)yang sudah ditetapka," kata Sri Mulyani. 

Dalam hal ini akan menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi KSSK yang terdiri dari Gubernur Bank Indonesia? Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan seluruh dewan komisioner nya dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menjalankan secara konsisten di dalam membangun fondasi sektor keuangan yang kuat tapi kredibel akuntabel dan tentu dipercaya. 

"Ini adalah suatu tugas yang tidak mudah namun harus dilakukan ini juga merupakan tugas untuk tadi menggapai potensi capital market yang begitu sangat besar di Indonesia," kata dia. 

Selain itu, Sri Mulyani berharap dengan kehadiran Presiden Jokowi pada pembukaan perdagangan bursa tidak hanya memberikan arahan, tetapi juga yang paling penting semangat motivasi dari seluruh pelaku pasar, SRO dan tentu saja dari OJK.  

Semangat motivasi dari seluruh pemangku pasar tersebut dalam rangka untuk terus membangun integritas dan kepercayaan para investor, terutama investor pemula, investor pemuda, pemula dan yang muda yang sekarang ini menganggap akan menjadi pemain di pasar dalam negeri. 

"Dengan adanya harapan yang begitu besar kita berharap seluruh pemangku kepentingan termasuk dalam hal ini KSSK akan terus bekerja di dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional khususnya sektor keuangan karena ini akan menjadi ujian yang sangat berat bagi kita semua menghadapi tahun 2023," kata dia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sri Mulyani Menkeu UUP2SK Bursa Efek Jokowi