Terbang ke Mekah, Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Sudah Kenakan Ihram dari Sukolilo

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

25 Mei 2024 07:46 25 Mei 2024 07:46

Thumbnail Terbang ke Mekah, Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Sudah Kenakan Ihram dari Sukolilo Watermark Ketik
Jemaah haji embarkasi Surabaya sudah kenakan kain ihrom saat akan berangkat ke Bandara Juanda dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (24/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Surabaya meminta jemaah haji menggunakan kain ihram langsung. Hal ini terlihat dari kloter 47 yang telah diberangkatkan ke Bandar Internasional Juanda untuk langsung ke tanah suci Mekah, Jumat (24/5/2024).

“Alhamdulillah malam ini kita pertama memberangkatkan jemaah haji gelombang II dari asrama haji, yakni dari kloter 47 yang merupakan jemaah haji dari Kabupaten Lumajang,” tutur Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris, Jumat (24/5/2024).

Para jemaah haji kloter 47 tampak sudah memakai baju ihram ketika keluar kamar dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) Sukolilo.

“Jemaah Haji diminta untuk mengenakan kain ihram semenjak keluar kamar di Embarkasi Surabaya, mengingat tidak tersedianya waktu yang cukup dan menghindari penumpukan jemaah saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” terang Haris.

“Untuk pelaksanaan niat ihram, dapat dilakukan saat di pesawat ketika melewati wilayah Yalamlam atau ketika berada di Bandara King Abdul Aziz Jeddah menjelang keberangkatan ke Mekah,” sambungnya.

Haris menambahkan, imbauan tersebut untuk memberikan kemudahan kepada jemaah haji agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar.

"Bila jemaah haji tidak memakai baju ihram dari embarkasi, maka harus berganti ihram di bandara. Harus bongkar tas dan lain-lain yang membutuhkan waktu lama, yang akibatnya akan terjadi penumpukan jemaah di bandara Jeddah, dan juga berdampak pada keterlambatan pergerakan ke pemondokan," sambungnya.

Berbeda dengan gelombang I yang mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, para jemaah haji gelombang II akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan melanjutkan perjalanan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah wajib.

Jemaah haji Indonesia gelombang kedua ini akan tinggal di Mekkah sampai dengan pelaksanaan puncak haji yang akan dimulai dengan Wukuf di Arafah yang diperkirakan jatuh pada Sabtu (15/6/2024).

Selesai berhaji, mereka akan diberangkatkan menuju Madinah untuk melaksanakan ibadah Arbain.

Pemberangkatan gelombang kedua akan mulai pada 23 Mei–10 Juni 2024. Jemaah haji akan terbang dari Embarkasi di Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Hingga Jumat (24/5/2024) pukul 05.30, ada 48 kloter yang sudah diberangkatkan dari AHES, dengan rincian 17.556 jemaah dan 240 petugas sehingga total yang sudah diberangkatkan ada 17.796 orang (45%). (*)

Tags:

Haji 2024 Ibadah Haji Jemaah Haji Surabaya Surabaya Asrama Haji