Tingkatkan Belajar Siswa, Mahasiswa Untag Kembangkan AI Deteksi Mood

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

16 Agustus 2024 06:43 16 Agt 2024 06:43

Thumbnail Tingkatkan Belajar Siswa, Mahasiswa Untag Kembangkan AI Deteksi Mood Watermark Ketik
Mahasiswa Untag Surabaya Prodi Teknik Informatika  Edo Abriyanto Putra. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Prodi Teknik Informatika, Edo Abriyanto Putra mengembangkan sistem AI pendeteksi mood dengan memanfaatkan algoritma machine learning.

Sistem ini mengenali dan menganalisis emosi atau mood seseorang berdasarkan berbagai data input, seperti ekspresi wajah, intonasi suara, teks yang ditulis, atau perilaku pengguna.

Edo menciptakan sebuah karya inovatif melalui skripsinya yang berjudul Implementasi YOLO dalam Sistem Rekognisi Ekspresi Wajah untuk Analisis Gaya Belajar Sekolah Dasar.

Edo menceritakan, motivasi di balik pembuatan sistem ini adalah keinginannya untuk mengetahui gaya belajar siswa.

"Dengan mengetahui gaya belajar mereka, saya dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran," ujarnya.

 Ia membutuhkan waktu lima bulan untuk merancang sebuah sistem berbasis AI yang mampu mendeteksi berbagai ekspresi wajah secara real-time.

Ia merinci, sistem ini menggunakan algoritma deep learning untuk mengidentifikasi ekspresi wajah siswa sekolah dasar saat mereka mengerjakan soal-soal, sehingga dapat mengetahui gaya belajar mereka.

"Apakah visual, auditori, atau kinestetik,” terangnya di Untag Surabaya.

Foto Edo Abriyanto Putra saat menjelaskan sistem pendeteksi mood.m didampingi oleh Dosen Fakultas Teknik. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Edo Abriyanto Putra saat menjelaskan sistem pendeteksi mood didampingi oleh Dosen Fakultas Teknik. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Edo menjelaskan, programnya ini dipraktikkan langsung untuk para siswa SD tempat dia bekerja.

Uji coba menunjukkan bahwa sistem ini mampu mengenali berbagai ekspresi wajah siswa, seperti bahagia, sedih, bosan, atau terganggu.

Mahasiswa Fakultas Teknik ini menambahkan, teknologi ini diharapkan dapat membantu para guru dalam mendeteksi gaya belajar siswa.

"Sehingga proses pembelajaran dapat dimaksimalkan dan hasil yang dicapai menjadi lebih optimal," papar Tenaga Pendidik SD Kemala Bhayangkari 6 Surabaya.

Edo berharap inovasinya dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan memberikan dampak positif bagi para siswa di seluruh negeri.

"Skripsi ini tidak hanya menunjukkan keunggulan akademisnya, tetapi juga mencerminkan komitmen mahasiswa Untag Surabaya dalam menciptakan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat luas," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mahasiswa Untag Surabaya Untag Surabaya Prodi Teknik Informatika Edo Abriyanto AI pendeteksi mood