Tips Mengurangi Suara Berisik pada Mobil Bermesin Diesel

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 Desember 2023 00:43 23 Des 2023 00:43

Thumbnail Tips Mengurangi Suara Berisik pada Mobil Bermesin Diesel Watermark Ketik
Ilustrasi mobil diesel. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Mobil bermesin Diesel masih menjadi primadona di kalangan pecinta otomotif. Hal ini tentu tidak lepas dari kelebihan mesin Diesel yang dikenal bertenaga dan irit bahan bakar.

Mobil bermesin Diesel juga mudah dalam perawatannya. Dengan begitu, mobil mesin Diesel sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh dengan biaya operasional yang tetap rendah.

Namun di balik semua kelebihannya tersebut, bukan berarti mobil bermesin Diesel tidak memiliki kekurangan. Salah satunya adalah suara mesin ini yang cukup bising.

Bahkan tak jarang saking bisingnya, suara tersebut sampai masuk ke dalam kabin dan tentu saja dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

Namun, jangan khawatir, berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi suara bising pada mobil bermesin Diesel:

Cari Sumber Suara

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari sumber suara bising. Suara kasar seringkali masuk ke dalam kabin melalui sela-sela sambungan plat bodi atau lubang kabel.

Setelah menemukan sumbernya dapat melakukan perbaikan seperti melakukan tune-up, perawatan, atau penggantian komponen yang perlu.

Pakai Peredam Suara

Langkah selanjutnya adalah gunakan peredam suara yang berkualitas agar suara bising tidak dapat masuk ke dalam kabin. Peredam suara dapat dipasang di berbagai area di kabin agar suara mesin tidak bocor. 

Foto Servis Mesin sangat penting untuk kurangi suara bising. (Foto: Pexel)Servis Mesin sangat penting untuk kurangi suara bising. (Foto: Pexel)

Beri Lapisan Anti Karat

Walaupun memiliki suara yang bising, bukan berarti tidak bisa menghaluskan suara mesin Diesel. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan lapisan anti karat.

Selain melindungi dari karat, lapisan ini juga membantu mengurangi kebisingan mesin hingga 20 persen.

Pakai aditif oli

Cara selanjutnya adalah dengan menambahkan aditif oli ke mesin. Fungsi dari aditif adalah agar oli dapat melumasi mesin dengan lebih baik. Hal ini sangat penting karena oli mengurangi gesekan, dan suara bising dalam batas tertentu.

Lakukan servis secara berkala

Hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Mobil yang senantiana diservis secara rutin akan menghasilkan performa yang baik. Salah satunya dalam mengurangi kebisingan mobil.

Banyaknya kotoran dalam mesin Diesel dapat mempengaruhi kinerja mesin dan menimbulkan suara kasar. Dengan melakukan servis rutin kotoran pada mesin akan dibersihkan, sehingga dapat membantu mengurangi suara berisik dan meningkatkan efisiensi mesin.(*)

Tags:

otomotif mobil diesel Kendaraan kabin Perawatan Performa Kurangi bising