Usulan Arus Bawah, PKB Ajukan Nama Ir H Kholiq Jadi Cabup Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

29 Maret 2024 12:38 29 Mar 2024 12:38

Thumbnail Usulan Arus Bawah, PKB Ajukan Nama Ir H Kholiq Jadi Cabup Malang Watermark Ketik
DPC PKB Kabupaten Malang ketika menggelar Silaturahmi dengan PAC dan Caleg. (Foto: Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinamika Pilkada Kabupaten Malang 2024 terus menggeliat. Terbaru, DPC PKB Kabupaten Malang mengajukan nama Ir H Kholiq ke DPP PKB untuk maju menjadi Cabup Malang. Nama Ir H Kholiq diajukan karena muncul usulan dari arus bawah.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malang, Kuncoro, kepada media online nasional Ketik.co.id, usai silaturahmi dengan caleg dan PAC, Kamis, (28/3/2024) malam.

"Kalau dari kami sudah bulat untuk mengusung kader terbaik sekaligus Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ir H Kholiq," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, faktor utama mengusung Kholiq, karena muncul usulan dari arus bawah.

"Inilah nama yang muncul dari arus bawah. Kita juga telah mengevaluasi pelaksanaan Pilkada sebelumnya yang ada penunjukan dari DPP," kata Kuncoro yang juga Anggota DPRD Kabupaten Malang ini. 

Menurutnya, hal tersebut tentunya akan disampaikan langsung ke DPP. "Sabtu nanti ada arahan dari DPW di Surabaya terkait Pilkada. Ini juga kami sampaikan, bahwa ada usulan dari arus bawah tersebut," tuturnya.

Kendati demikian, kata Kuncoro, politik itu dinamis. Pihaknya juga membuka peluang bagi partai politik yang ingin bekerjasama maupun berkoalisi dengan PKB.

"Meski PKB bisa mengusung calon sendiri, tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi. Nanti bahkan kita bisa berkomunikasi dengan Gerindra," kata anggota DPRD Kabupaten Malang terpilih ini.

Termasuk kata ia, bisa mempertahankan koalisi pada Pilpres. Yakni berkoalisi dengan NasDem maupun PKS. Namun, ia mengaku nilai tawar PKB sangat tinggi. Mengingat PKB memperoleh kursi terbanyak kedua setelah PDI Perjuangan.

"Tentunya kami mengutamakan N1 (Cabup Malang)," tuturnya.

Ia mengatakan, juga tidak menutup kemungkinan nantinya juga petahana Sanusi pada Pilkada Kabupaten Malang.

"Sebelumnya Pak Sanusi inikan dari PKB," sebutnya. Namun, hingga saat ini, pihaknya masih tetap satu nama mengajukan Ir H Kholiq sebagai Cabup Malang

Sebagai informasi, nama Ir H Kholiq juga cukup diperhitungkan di Kabupaten Malang. Selain sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Kholiq saat ini sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang dan caleg terpilih. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPC PKB Kabupaten Malang Pilkada Kabupaten Malang Kabupaten Malang Ir H Kholiq