3 Cara Mengelola Stres dengan Baik

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

24 Agustus 2023 22:00 24 Agt 2023 22:00

Thumbnail 3 Cara Mengelola Stres dengan Baik Watermark Ketik
Ilustrasi kondisi seseorang ketika stres. (Foto: Unair)

KETIK, JAKARTA – Stres merupakan gangguan atau kekacauan mental yang biasanya dipengaruhi oleh faktor eksternal. Misalnya tekanan, kelelahan ataupun kesulitan dalam menghadapi sesuatu.

Stres bisa memengaruhi otak dan tubuh dan berdampak buruk jika tidak segera ditangani. Dalam kondisi yang parah, stres bisa menyebabkan depresi.

Berikut tips untuk mengelola stres dengan baik:

Kenali Penyebabnya

Salah satu cara mengelola stres adalah menghindari yang menjadi penyebabnya. Harus diakui bahwa ini salah satu bagian yang sulit, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Kenali dan pahami tanda-tandanya. Setelah itu, nilai dan pahami tingkat pengaruhnya terhadap otak dan tubuh.

Mengatur Emosi

Mengatur emosi juga merupakan cara ampuh mengelola stres. Ketika sudah ada tanda-tanda stres, luangkan waktu sejenak untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Cara lainnya dalam mengatur emosi adalah melihat gambaran besar dari masalah yang dihadapi. Langkah ini mampu mengubah pikiran dan reaksi dan menambah kepercayaan diri dalam mengatasi stres.

Melatih Pernapasan

Mengambil napas dalam-dalam bisa menjadi salah satu jalan keluar terbaik untuk mengelola stres.Penelitian menyebutkan bahwa latihan pernapasan secara teratur dapat melatih otak dalam merespons stres.

Latihan pernapasan ini juga baik untuk menghindari efek buruk dari stres dalam jangka panjang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Stres Mengelola Stres tips