4 Tahun Berhenti Angkat Besi, Lifter Jatim Acchedya Jagaddhita Raih Medali Perak

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

6 September 2024 13:45 6 Sep 2024 13:45

Thumbnail 4 Tahun Berhenti Angkat Besi, Lifter Jatim Acchedya Jagaddhita Raih Medali Perak Watermark Ketik
Acchedya Jagaddhita saat beraksi mengangkat besi di kelas women 64 kg, Jumat, 6 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Sempat berhenti berlatih selama 4 tahun untuk menyelesaikan kuliah dan berkerja, Acchedya Jagaddhita, seorang lifter Jawa Timur berhasil meraih medali perak di nomor Women 64 Kg. Dengan total angkatan 190 kilogram (Kg), wanita yang akrab disapa Dea ini tidak menyangka bisa meraih medali perak.

Dea berhasil di total angkatan 189 Kg dengan angkatan snatch 84 dan clean and jerk 106 Kg.

"Karena memang sebelum berangkat PON ini saya cidera lutut dan sebelumnya sempat berhenti 4 tahun. Jadi perolehan ini sangat tidak menyangka," ucap Dea usai menerima medali yang ditemui Ketik.co.id, Jumat, 6 September 2024.

Dea menceritakan saat terakhir dirinya akan mengangkat beban 111 Kg, ia sempat ragu dengan angkatan tersebut. "Karena memang 5 bulan sebelum PON saya cidera lutut, tapi dengan perawatan ibu tiga bulan sebelum berangkat ke Aceh saya berhasil sembuh. Jadi tadi angkatan itu saya masih merasa trauma dengan cidera saya," ucap putri dari pasangan pelatih Raden Aman -yang merupakan pelatih angkat besi Jambi- dan MG. Supeni pelatih angkat besi Sumatra Utara (Sumut) ini.

Ia menceritakan saat memilih rehat sejenak selama 4 tahun, dirinya memilih untuk melanjutkan kuliah. Meskipun sebelum memutuskan kuliah dirinya bisa meraih medali emas di PON Bandung Jawa Barat 2016.

"Karena saat itu saya berfikir setelah pensiun nanti masa depan saya seperti apa jadi saya memilih kuliah dan setelah lulus sempat berkerja kantoran karena ingin menambah pengalaman sebagai pekerja," bebernya.

Setelah menjadi pekerja kantoran dirinya mengaku bosan dengan rutinitas itu, lalu kembali mencoba mengangkat besi. "Ternyata saya masih mampu, lalu ditawari kembali sama KONI Jatim untuk ke PON Aceh saya langsung bilang siap," aku Dea.

Dengan keberhasilan ini, Dea masih belum memikirkan untuk pensiun atau bahkan melanjutkan untuk menjadi atlet. "Saya lihat aja nantinya tapi saya tetap untuk terus latihan saja seperti biasa," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Acchedya Jagaddhita Lifter Jatim Jawa timur PON2024 PON XXI 2024 Aceh-Sumut