48 Atlet Asal Kota Malang Siap Wakili Jatim Berlaga di PON XXI 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

2 September 2024 04:57 2 Sep 2024 04:57

Thumbnail 48 Atlet Asal Kota Malang Siap Wakili Jatim Berlaga di PON XXI 2024 Watermark Ketik
Para atlet dan pelatih dari Kota Malang yang akan mewakili Provinsi Jatim di PON XXI 2024. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sebanyak 48 atlet asal Kota Malang siap mewakili Provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Atlet-atlet tersebut akan bertanding di 20 cabang olahraga (cabor).

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang, Djoni Sudjatmoko menjelaskan, terdapat 19 pelatih yang mendampingi para atlet. KONI Kota Malang juga telah lama menyiapkan para atlet untuk menorehkan prestasi.

"Sudah tugas KONI Kota Malang menyiapkan atlet-atlet berprestasi untuk kita kirin di tingkat nasional maupun internasional. PON tahun ini ada 48 atlet Kota Malang mewakili Provinsi Jatim,di PON berikutnya harus dua kali lipat," ujar Djoni saat pelepasan para atlet di Balai Kota Malang, Senin, 2 September 2024.

Dari 20 cabor yang ada, cabor tinju dan renang yang diunggulkan untuk memperoleh medali emas. Pada PON 2024, ia berharap target 15 emas dapat diraih oleh atlet dari Kota Malang.

"Target medali yang kita andalkan ada di tinju dan di renang. Padahal tinju kemarin tidak dipertandingkan, tapi mudah-mudahan dari 48 atlet minimal bisa mendapat 15 emas," lanjutnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso menjelaskan para atlet yang membawa nama Provinsi Jatim dan Kota Malang tersebut telah melalui persiapan yang matang. Mereka juga akan diandalkan untuk mewakili Kota Malang dalam Porprov 2025 nanti.

"Atlet-atlet asal Kota Malang ini menjadi duta olahraba bagi Kota Malang. Dengan persiapan matang, duta-duta olahraga ini bisa menghasilkan prestasi maksimal dan menjadi andalan di Porprov 2025," ucapnya.

Erik menjelaskan bahwa Pemkot Malang telah menyiapkan reward kepada atlet-atlet yang berprestasi. Reward tersebut nantinya akan disalurkan melalui KONI Kota Malang.

"Sudah ada satu hal yang kita siapkan termasuk reward. Dari provinsi pasti ada, kemudian dari Kota Malang juga penyiapannya kita alirkan lewat KONI," tuturnya.

Tak hanya itu ia berharap semangat olahraga tidak hanya dilakukan untuk menorehkan prestasi. Namun juga menjadi gaya hidup warga Kota Malang di berbagai profesi sehingga berdampak pada alokasi anggaran kesehatan yang dapat dioptimalkan di sektor lain.

"Tentu semangat berolahraga ini kita berharap tidak hanya untuk prestasi tapi jadi gaya hidup seluruh warga Kota Malang di seluruh profesi. Dengan olahraga, fisik bagus, ide-ide juga mengalir, dalam menyikapi beragam hal, bersosialisasi kita bisa memberikan vibes lebih positif," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Atlet Kota Malang PON XXI 2024 PON XXI PON 2024 Kota Malang KONI Kota Malang