480 CJH asal Sidoarjo Jalani Foto dan Wawancara untuk Pembuatan Paspor

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Rudi

14 Maret 2023 02:45 14 Mar 2023 02:45

Thumbnail 480 CJH asal Sidoarjo Jalani Foto dan Wawancara untuk Pembuatan Paspor Watermark Ketik
Petugas Imigrasi Surabaya melakukan perekaman identitas CJH asal Sidoarjo. (Foto : M. Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Sebanyak 480 jamaah haji asal Sidoarjo menjalani pembuatan paspor sebagai salah satu persiapan menjelang ibadah haji 2023/1445 Hijriah. Dengan adanya program eazy passport, Imigrasi Klas 1 Surabaya mendatangi langsung Kementrian Agama (Kemenag) Sidoarjo untuk proses foto dan wawancara kepada Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Udang.

Kepala Kantor Imigrasi Surabaya, Chicco A. Muttaqin mengatakan langkah ini sebagai persiapan CJH dalam mempersiapkan dokumen ke luar negeri atau berangkat haji. "Jadi pemohon tidak perlu datang lagi ke kantor imigrasi tapi kami yang datang untuk jemput bola sehingga lebih memudahkan untuk calon jamaah haji,” jelasnya, Selasa (14/3/2023).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo Moh. Arwani mengatakan program yang diberikan Imigrasi Surabaya sangat  membantu CJH asal Sidoarjo. Dengan dikoordinasi  oleh petugas Kemenag Sidoarjo, CJH tidak perlu lagi datang dan urus sendiri di Imigrasi Klas1 Surabaya yang ada di Jalan Raya Juanda.

“Sebanyak 480 Calon Jamaah Haji (CJH) akan dilayani selama  dua hari. Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan baik dengan imigrasi yang berkenan melakukan pelayanan jemput bola,” ujarnya. 

Hal ini menurut Arwani sangat memudahkan bagi calon jamaah haji sehingga lebih mudah dalam hal penyelenggaraan. “Jadi menjadi lebih cepat dan tidak berbaur dengan masyarakat lain yang membuat paspor. Kalau yang foto di sini kan khusus jamaah haji Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.  

Selanjutnya secara berurutan Imigrasi Surabaya akan melakukan kegiatan pelayanan paspor bagi calon jamaah haji (CJH) di wilayah Kemenag Kabupaten dan Kota Mojokerto. 

Tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua ibadah haji setelah dibuka kembali usai pandemi Covid-19. Pemerintah Arab Saudi secara resmi telah membuka kuota haji sejak tahun 2022. Selain itu kuota ibadah umroh juga dibuka kembali seluas-luasnya.

Terkait ibadah umroh ke Tanah Suci, Imigrasi Indonesia juga memberikan kemudahan. Kali ini jamaah umroh tidak lagi wajib melampirkan Surat Rekomendasi dari Kementerian Agama. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0070 tentang Pelayanan Penerbitan Paspor RI bagi Jemaah Haji dan Umroh.  

Selain melayani permohonan paspor dalam rangka ibadah haji, pemohon di wilayah kerja Imigrasi Surabaya dapat melakukan permohonan paspor baik baru maupun penggantian di Kantor Imigrasi Surabaya dan 5 Unit Layanan Paspor (ULP) yaitu ULP Wiyung, ULP BG Junction, ULP Ciputra World, ULP Mojokerto, dan MPP Sidoarjo, serta Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Bendul Merisi bagi para Pekerja Migran Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Imigrasi CJH Haji 2023 sidoarjo Jawa timur