493 Titik WiFi Gratis Perkuat Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Kota Madiun

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: M. Rifat

5 Mei 2023 04:36 5 Mei 2023 04:36

Thumbnail 493 Titik WiFi Gratis Perkuat Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Kota Madiun Watermark Ketik
Ilustrasi. Pemkot Madiun menambah fasilitas WiFi gratis di Sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran (Foto: Kominfo Kota Madiun)

KETIK, MADIUN – Layanan internet gratis berupa Wireless Fidelity (WiFi) di Kota Madiun semakin masif. Seiring hadirnya program WiFi Kota Pintar baru-baru ini di Kota Pendekar.

WiFi Kota Pintar merupakan layanan internet gratis sebagai sarana pendidikan yang ada di ruang kelas sekolah di wilayah Kota Madiun.

WiFi Kota Pintar saat ini terdapat 493 titik. Jumlah tersebut belum termasuk layanan internet gratis berupa Wireless Fidelity (WiFi) Kota Pendekar, sebanyak 2.365 titik yang menjangkau poskamling di setiap RT.

Hal itu diungkap Eni Yusriani Kabid Pengelolaan TIK Dinas Kominfo Kota Madiun terkait penambahan fasilitas WiFi gratis di ruang kelas sekolah di Kota Madiun.

‘’Jadi ini beda dengan WiFi Kota Pendekar, WiFi Kota Pintar khusus untuk di sekolah. Alat kita pasang di kelas-kelas,’’  kata Eni Yusriani.

Eni mengatakan ratusan titik WiFi Kota Pintar dihadirkan untuk menyokong program Wali Kota Maidi yakni Madiun Kota Pintar.

Pemasangan WiFi Kota Pintar dinilai sangat penting mengingat di sekolah kini tersedia 14.825 laptop yang dibagikan kepada peserta didik SD dan 9.400 ke siswa SMP negeri.

Program laptop ini diberikan untuk pelajar kelas IV sampai kelas IX. Karenanya, WiFi juga terpasang di kelas 4, 5, dan 6. Sedang, untuk tingkat SMP di semua kelas. Fasilitas laptop tersebut tentu akan semakin maksimal dengan adanya layanan internet gratis dalam menunjang kegiatan pembelajaran.

‘’Dalam satu sekolah bisa sampai lima titik WiFi sekaligus. Selain di kelas, ada juga yang dipasang di ruang guru dan lainnya,’’ ujarnya.

Kata dia, hadirnya WiFi gratis ini memudahkan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Guru semakin mudah dalam mencari bahan ajar maupun menambah referensi.

Pun saat kegiatan pembelajaran secara daring, raktor kuota tak lagi menjadi masalah lantaran adanya WiFi gratis di sekitar rumah siswa masing-masing.

‘’Era sekarang ini tentu tidak bisa jauh dari internet ya. Karenanya, kami berupaya mendekatkan itu kepada masyarakat,’’ pungkasnya.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Kegiatan Pembelajaran WiFi Gratis Madiun Kota Pintar Laptop Gratis Madiun Hari Ini Madiun Kota Pendidikan