7 Wisata Populer di Ngawi yang Menawarkan Spot Instagenic

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Moch Khaesar

14 Mei 2023 07:00 14 Mei 2023 07:00

Thumbnail 7 Wisata Populer di Ngawi yang Menawarkan Spot Instagenic Watermark Ketik
Bagian Dalam Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem setelah rampung di Restorasi Akhir Tahun Lalu/ Kementerian PUPR

KETIK, NGAWI – Berkunjung ke Ngawi, rasanya tak lengkap tanpa menikmati keindahan pariwisatanya yang komplet dan menawan.

Ngawi tidak hanya dianugerahi keindahan alam yang memukau, namun kebudayaan, sejarah dan temuan kepurbakalaan kelas dunia banyak ditemukan di kabupaten berjuluk Bumi Orek-orek ini.

Tak hanya itu kini banyak bermunculan wisata baru yang sedang hits dan populer di Ngawi dengan keunggulan masing-masing.

Ada yang menawarkan keindahan alam, wisata outbound ada juga yang menawarkan paket wisata yang siap membahagiakan anda dan keluarga .

Lalu apa saja wisata di Ngawi yang saat ini sedang Hits, dirangkum  Klik.co,id, berikut 7 daftarnya:

Foto Penataan Kawasan Benteng Van Den Bosch yang memukau hingga wajib jadi kunjungan wisata anda dan keluarga saat berkunjung ke Ngawi/Instagram Kementerian PUPRPenataan Kawasan Benteng Van Den Bosch yang memukau hingga wajib jadi kunjungan wisata anda dan keluarga saat berkunjung ke Ngawi/Instagram Kementerian PUPR

1.Benteng Van Den Bosch

Benteng Van den Bosch, lebih dikenal masyarakat Ngawi dengan sebutan Benteng Pendem. Lokasinya berada di Kelurahan Pelem, Kecamatan/Kabupaten Ngawi. Benteng ini berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 15 hektar yang berada di pertemuan dua sungai besar yakni Bengawan Solo dan Bengawan  Madiun.

Benteng zaman penjajahan Belanda ini dulu sengaja dibuat lebih rendah dari tanah disekitarnya sekitarnya hingga dari luar terkesan terpendam.

Benteng Pendem telah rampung diretorasi oleh pemerintah Indonesia melalui kementerian PUPR. Dalam restorasi ini menganut prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya. Hal itu tak terlepas dari Benteng Pendem akan dijadikan destinasi wisata heritage dan sejarah.

Dilansir dari Kementerian PUPR, restorasi Benteng Pendem tetap melindungi elemen-elemen bangunan utama sesuai dengan tahapan pelestarian bangunan gedung cagar budaya, sehingga pemugaran tidak menghilangkan arsitektur asli bangunan tersebut.

Terdapat 13 bangunan yang akan dilakukan restorasi diantaranya bangunan barak tentara, mess perwira, dapur umum, kediaman dan kantor jenderal, baston, dan gerbang.

Kemudian juga dilakukan penataan kawasan dengan membangun jalan/akses, drainase, pedestrian, jembatan, dan lansekap. Selain itu dibangun fasilitas tambahan seperti deep wheel, power house, toilet, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), dan sarana prasarana air bersih.

Revitalisasi Benteng Pendem ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik atau manca negara, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena megah dan memiliki spot foto yang sangat menarik. Benteng Pendem bisa menjadi destinasi wisata pilihan di Ngawi yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam dari Kota Surabaya via Tol Trans Jawa.

2.Taman Tawun

Taman Wisata Tawun menjasi salah satu spot wisata yang rekomended untuk dikunjungi. Obyek wisata alam ini menawarkan beragam wahana yang dapat membuat liburan anda dan keluarga semakin berkesan.

Taman wisata Tawun menawarkan banyak spot menarik yang bisa dijelajahi. Anda dapat mengunjungi kolam renang, goa, maupun bukit-bukit hijau yang menyegarkan. Selain itu, tersedia juga wahana permainan yang cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Wahana permainan yang tersedia di Taman Wisata Tawun antara lain flying fox, kolam renang, sepeda air, dan ATV.

Selain itu di Taman Wisata Tawun juga terdapat panggung hiburan yang dapat menyajikan berbagai macam pertunjukan dan acara menarik. Anda bisa menikmati acara panggung yang disajikan di Taman Wisata Tawun yang pastinya akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Untuk Anda yang menyukai aktivitas outdoor dan mencari tantangan, di Taman Wisata Tawun terdapat outbond arena yang menawarkan berbagai macam kegiatan outbond yang menantang dan menyenangkan. Anda bisa mencoba berbagai macam permainan outbond yang tersedia di arena tersebut.

Dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia di Taman Wisata Alam Tawun, Anda pastinya akan dimanjakan dengan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jadi, tunggu apa lagi? Nikmati liburan seru dengan perjalanan wisata tak terlupakan.

3.Pasar Jadul

Pasar Jadul ini berada di Kawasan Taman Wisata Pemandian Tawun.  Pasar Jadul beroperasi setiap Minggu atau Ahad Legi. Seperti namanya, pasar jadul menyediakan berbagai macam kuliner tradisional. Terdapat lebih dari 100 stand yang mayoritas menjajakan makanan khas maupun mainan tempo doeloe.

Mulai nasi tiwul, rawon, nasi jagung, nasi pecel, ketan, soto, getuk, rujak petis, pisang rebus, lemper, sate jamur, nasi kuning dan masih banyak lagi. Kemudian pengunjung juga dapat menemukan berbagai mainan tempo dulu yang sudah jarang ditemui lagi saat ini. Tidak hanya itu, di sini pengunjung juga dapat menemukan berbagai perabotan jaman dulu yang sudah jarang ditemukan lagi saat ini.

Tak hanya barang dagangannya, para pedagang menggunakan pakain jaman dulu, pernak pernik pasar juga mengusung konsep jadul.

4.Bumi Perkemahan Selondo

Bumi Perkemahan Selondo merupakan kawasan obyek wisata yang berada di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Ngawi.  Bumi perkemahan Selondo cocok dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga atau teman-teman semakin menambah keseruan jika mengadakan kegiatan berkemah.

Bumi Perkemahan Selondo memiliki panorama alam yang sejuk, letaknya berada di kaki Gunung Lawu .

Bumi Perkemahan Selondo memiliki sejumlah fasilitas diantaranya kolam renang, Wahana Outbound, penginapan, lahan parkir yang luas, kios sayur dan buah, warung makan, Gazebo maupun toilet umum.

5.Sumber Koso

Sumber Koso merupakan  kawasan wisata baru yang hits di Ngawi. Berada di wilayah Desa Girikerto, Kecamatan Sine. Sumber Koso menyajikan pesona alam dan kesejukan yang alami.

Sumber Koso berada di dataran tinggi dengan panorama pohon pinus sebagai view utamanya. Melalui sentuhan Pokdarwis sejumlah fasilitas wisata dihadirkan untuk menunjang pariwisata baik wahana bermain anak maupun sarana camping bumi perkemahan.

Selain itu sejumlah fasilitas pendukung seperti lahan parkir yang luas, tempat ibadah, toilet maupun warung yang menjual berbagai kebutuhan pengunjung tersedia. Sumber Koso layak dijadikan  destinasi wisata maupun rekreasi keluarga.

6. Argo Munung

Argo Munung atau warga sekitar kerap menyebut negeri di atas awan, layak dijadikan lokasi tujuan wisata terbaru  bareng keluarga. Sebab Argo Munung memiliki  view yang indah karena memang lokasinya diselimuti awan putih saat pagi hari.

Argo Munung berada di Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal, Ngawi. Wahana wisata yang dapat dinikmati diantaranya kolam anak, ATV, keliling di perbukitan hutan cemara dengan jeep adventure serta  kawasan perkemahan pada hari minggu

7.Kayangan atau Desa Wisata Brubuh

Salah satu wisata hits di Ngawi adalah Kayangan yang berada di Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Ngawi. Sebab  di lokasi wisata yang dikelola BUMdes ini terdapat beragam wahana permainan mulai Flying Fox terpanjang se-Ngawi (200 meter), River Tubing, ATV Sawah, Mini ATV/Trail, Kayangan Swing, Hammock Susun, hingga Kayangan Kafe and Spcae dengan nuansa outdoor yang instagramable.

Untuk menikmati wahana tersebut cukup murah yakni mulai Rp 5 ribu hingga Rp 40 ribu tergatung wahana yang ingin anda nikmati bersama keluarga.

Kayangan  wajib jadi rekomendasi  wisata anda dan keluarga saat berwisata di Ngawi . dan nikmati sensasi berlibur dan berpetualang menikmati pesona desa di lereng Gunung Lawu yang ada di Ngawi. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Wisata Hits di Ngawi Wisata Populer di Ngawi Taman wisata Tawun Benteng Pendem Benteng Van Den Bosch Sumber Kaso