93 Panwascam Pilkada 2024 Resmi Dilantik, Ketua Bawaslu Jember: Besok Langsung Kerja

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

24 Mei 2024 08:22 24 Mei 2024 08:22

Thumbnail 93 Panwascam Pilkada 2024 Resmi Dilantik, Ketua Bawaslu Jember: Besok Langsung Kerja Watermark Ketik
Pelantikan Panwascam Kabupaten Jember dari 31 kecamatan oleh Bawaslu di salah satu hotel (24/5/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jember melantik 93 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan. Pelantikan berlangsung di salah satu hotel kota Jember pada Jumat (24/5/2024) siang.

Mereka akan segera bertugas untuk mengawasi tahapan Pilkada serentak 2024 mendatang yang tersebar di 31 kecamatan.

Ketua Bawaslu Jember Sanda Aditya Pradana mengatakan, pelantikan ini dilakukan karena proses tahapan pilkada sudah berjalan dan mereka segera bekerja.

“Mereka akan bertugas per besok setelah pelantikan ini. Karena saat ini tahapan (pilkada) sudah padat,” ujarnya saat dikonfirmasi sela-sela pelantikan.

Saat ini sudah mulai tahapan pendaftaran calon perseorangan atau independen yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sedangkan di Jember sendiri sudah ada yang mendaftar untuk Pilkada 2024.

“Ada pendaftar perseorangan, sehingga ini nantinya akan ada proses verifikasi faktual kepada syarat calon perseorangan tersebut,” imbuhnya.

Ia menerangkan, selain tahapan verifikasi faktual yang harus diawasi secara melekat juga ada tahapan pemutakhiran data pemilih.

“Ada data pemilih yang harus diawasi karena data ini menjadi sangat vital dan penting, sembari mengawasi proses verifikasi faktual,” tegasnya.

Panwascam yang dilantik ini menurutnya, akan mulai bekerja sejak setelah dilantik dan mereka juga akan melakukan proses wawancara kepada calon PKD.

“Mereka Senin akan langsung melakukan wawancara kepada calon PKD di masing-masing kecamatan,” tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jember Pilkada 2024 Bawaslu pelantikan panwascam