Adelya Shafira Hasna, Finalis Puteri Indonesia Jatim 2024 Bicara Kesetaraan Gender

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

6 Desember 2023 12:23 6 Des 2023 12:23

Thumbnail Adelya Shafira Hasna, Finalis Puteri Indonesia Jatim 2024 Bicara Kesetaraan Gender Watermark Ketik
Adelya Shafira Hasna, Finalis Puteri Indonesia Jatim 2024 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, MOJOKERTO – Finalis Puteri Indonesia Jatim 2024, Adelya Shafira Hasna, akrab dengan panggilan Adel,  gadis cantik asal Kota Mojokerto yang juga mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bicara perihal kesetaraan gender.

"Sebagai Finalis Puteri Indonesia Jatim, advokasi yang saya jalankan adalah membangun kembali semangat Ibu Kartini. Di mana generasi muda harus memperjuangkan kesetaraan gender dan menjunjung tinggi hak-hak perempuan Indonesia," katanya kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, Rabu (06/12/2023).

Menurutnya, budaya patriarki yang hingga kini masih sangat melekat dan adanya berbagai diskriminasi pada perempuan, menjadi penyebab kondisi kesadaran masyarakat terhadap isu kesetaraan gender masih sangat minim. 

"Kesetaraan gender bukan berarti menuntut perempuan akan sama seperti laki-laki, tetapi menuntut kesetaraan gender adalah mendukung perempuan dan laki-laki mendapatkan kesempatan yang sama dalam segala bidang," ujarnya menuturkan.

Pemilik akun media sosial Instagram @adelyaash meyakini dan percaya, bahwa melalui pendidikan dan beberapa kegiatan sederhana seperti bedah buku dan talkshow, advokasinya dapat berkembang di Provinsi Jawa Timur bahkan di Indonesia. 

"Sehingga perempuan dapat mewujudkan mimpi-mimpinya dan menjadi lentera bagi generasi mendatang. Karena sejatinya, sebelum masyarakat mendapatkan kesetaraan gender, maka sebenarnya masyarakat kita tidaklah setara," imbuhnya.

Ia beralasan memilih advokasi tersebut karena melihat bahwasannya kesadaaran terkait kesetaraan gender di masyarakat masih sangat minim. Sehingga dengan kesempatan dan privillage yang dimiliki, ketika dirinya resmi bergabung menjadi bagian dari Puteri Indonesia Jawa Timur 2024.  

"Saya ingin advokasi dan semangat untuk menjunjung kesetaraan gender ini semakin tersebar luas. Serta dengan pengalaman sebagai anggota organisasi yang bergerak dalam bidang keperempuanan, ingin mengajak generasi muda untuk lebih peduli terhadap kesetaraan gender," tuturnya.

Adel yang bekerja sebagai model menyampaikan, apa yang telah dirasakan masyarakat dengan adanya advokasi tersebut adalah dimulai dari lingkungan dan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar. Pihaknya bersama organiasasi keperempuanan yang diikuti  pernah melakukan beberapa kegiatan seperti bedah buku dan talkshow. 

"Dari sini saya melihat bahwa sebenarnya antusias masyarakat untuk belajar lebih dalam mengenai kesetaraan gender sangat tinggi. Terutama teman-teman sekitar yang semakin aware dan yakin bahwasanya perempuan itu hebat dan dapat berkontribusi di segala bidang tanpa adanya diskriminasi.

"Harapan ke depannya, saya ingin seluruh perempuan di Indonesia yakin dan percaya bahwa setiap perempuan adalah hebat dan mampu untuk berkontribusi serta menginspirasi banyak orang," beber Dia.

Secara khusus Adel yang hobi membaca buku dan mendengarkan musik mengajak pada generasi muda khususnya kaum perempuan untuk tampil percaya diri, kapanpun dan di manapun berada.

"Sebagai generasi pemuda khususnya perempuan-perempuan di Indonesia, jangan pernah berhenti untuk belajar dan mengejar cita-cita yang kalian miliki, karena kalian semua berharga dan kalian lebih besar dari apa yang kalian pikirkan," tandasnya dengan nada optimis dan penuh semangat.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan dan pengalaman yang pernah diikuti oleh Adel yaitu:
1. Top Five Yuk Kota Mojokerto 2018
2. Juara 2 Pelajar Pelopor Lalu Lintas 2019
3. Runner Up IV Duta Pariwisata Jawa Timur 2022
4. Finalis Puteri Indonesia Jatim 2024
5. Best Performances Duta Pariwisata Jawa Timur 2022
6. Abhinaya Favorite (Duta Fakultas Hukum Universitas Brawijaya) 2022
7. Putri Brawijaya Intelegensia 2022
8. Volunteer Bakti Millenial 5 Wakatobi
9. Volunteer Kita Bisa Chapter Malang

Tombol Google News

Tags:

Cantik Adelya Shafira Hasna Finalis Puteri Indonesia Jatim 2024 Kesetaraan Gender mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya