Al-Izzah IIBS Kota Batu Gelar Ujian Tahfidzul Qur'an 15 Juz Sekali Duduk

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

23 Maret 2024 08:10 23 Mar 2024 08:10

Thumbnail Al-Izzah IIBS Kota Batu Gelar Ujian Tahfidzul Qur'an 15 Juz Sekali Duduk Watermark Ketik
Santri Ma'had Al-Izzah IBBS Batu mengikuti Ujian Tahfidz Al-Qur'an 15 Juz sekali duduk. (Foto: Al-Izzah IBBS)

KETIK, BATU – Ma'had Al-Izzah International Islamic Boarding School (IBBS) Batu menggelar agenda rutin Ujian Tahfidz Al-Qur'an 15 Juz sekali duduk.

Kegiatan ini diikuti oleh santriwati yang telah menuntaskan ziyadah hafalan 30 juz. Tak hanya menyetorkan hafalan 15 juz sekali duduk, santri juga diberi pertanyaan mengenai tematik kandungan ayat-ayat Al-Quran. 

"Di bulan Ramadhan yang merupakan bulan turunnya Al-Qur'an ini, alhamdulillah atas izin Allah 4 santriwati Al-Izzah IIBS mampu mengikuti ujian sekali duduk 15 juz dan tematik kandungan ayat," kata Kepala Tahfidz Ma'had Al-Izzah IIBS Ustadz Jefri Mardiansyah

Jefri menyebutkan bahwa program tahfidz tersebut bertujuan untuk menjaga hafalan santriwati. karena inti dari menghafal alquran adalah memurajaah atau mengulang hafalan. 

Ia menuturkan bahwa kegiatan 15 juz an kali ini cukup berkesan karena diikuti oleh 3 santriwati kelas akhir yang di sela-sela kesibukan mempersiapkan studi lanjut, mereka mampu memutqinkan hafalannya. 

"15 Juz itu cukup banyak sekitar 303 halaman yang mereka setorkan sekali duduk tanpa melihat Al-Qur'an," jelasnya.

Santriwati yang mengikuti kegiatan ini tak hanya berprestasi di program tahfidz, namun juga di bidang akademik. Fira Huwaida merupakan siswa peringkat paralel 1 di Ma'had Al-Izzah putri dan putra.

Sedangkan Ananda sedang bersiap menunggu pengumuman SNBP di Fakultas Kedokteran UNAIR. Begitu juga dengan Arini 'Ayn yang merupakan siswa peringkat kedua dan sedang menunggu pengumuman kelulusan SNBP Fakultas Kedokteran UB.

Sedangkan Qatharatu Salsabila sudah diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Hangtuah dan Universitas Ciputra. Selain santri kelas 12, ada juga santri kelas 10 yakni Najla Fikriya. Sama seperti ketiga kakak kelasnya yang lain, Najla Fikriya juga berprestasi di bidang akademik dan termasuk santri yang cerdas dan kritis. 

"Selama satu semester Ananda mampu menuntaskan hafalan 30 juz dan memutqinkan hafalan 15 juz. InsyaAllah di kelas 11 nanti ananda kami siapkan untuk bisa memutqinkan 30 juz sekali duduk," urai Jefri.

Jefri menyampaikan, keluarga besar Ma'had Al-Izzah IIBS merayakan pencapaian ini dengan sukacita dan penuh rasa syukur kepada Allah atas segala pertolongan-Nya yang telah memudahkan para santriwati dalam penjagaan Al-Qur'an. 

"Ini bentuk rasa syukur kami khususnya di tim kepesantrenan IIBS, Allah memberikan kepercayaan dan amanah bagaimana santri kami untuk menjadi Ahlullah Wa khashatuhu, selain keberkahan untuk ananda dan keluarga, mudah-mudahan Allah limpahkan keberkahan pula untuk Ma'had Al-Izzah InsyaAllah," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Al Izzah IIBS Tahfidz Alquran