Alfath Alima, Mojang Kota Bogor 2023 Bicara Kota Hijau Berkelanjutan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

17 September 2023 10:01 17 Sep 2023 10:01

Thumbnail Alfath Alima, Mojang Kota Bogor 2023 Bicara Kota Hijau Berkelanjutan Watermark Ketik
Alfath Alima, Mojang Kota Bogor 2023 (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, BOGOR –  Mojang Kota Bogor 2023, Alfath Alima Hakim, akrab dengan panggilan Alfath yang juga mahasiswi cantik jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Indonesia bicara mengenai pentingnya kota hijau berkelanjutan.

"Sebagai Mojang Kota Bogor 2023, advokasi dan concern utama saya adalah menjadikan
Bogor menuju Green City Sustainable Development yang memiliki identitas kota yang berkelanjutan berbasis keunggulan ekonomi dan budaya lokal," kata Alfath kepada media online nasional ketik.co.id pada hari Ahad (17/09/2023).

Menurutnya, ia mendukung dan mendorong semua pihak untuk menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang aman, nyaman, berdaya saing tinggi dalam sains dan teknologi. Selain itu, mampu beradaptasi dan menghambat dampak dari perubahan iklim yang selama ini dirasakan.

"Ini artinya masyarakat perlu mengetahui bahwa
Kota Bogor memiliki keinginan dan usaha yang kuat dalam menjadikan kota hijau berkelanjutan," terang Alfath yang juga lulusan SMAN 1 Kota Bogor (2018-2021).

Pemilik akun media sosial Instagram @alfathalima menuturkan, data dari ICLEI-Local Governments for Sustainability, sebuah lembaga internasional yang mempromosikan pembangunan berkelanjutan, bahwa pada tahun 2024 Kota Bogor memiliki target untuk memangkas 7.98% emisi karbon.

Target lainnya, meningkatkan indeks kualitas udara hingga 86.3 poin, kualitas air hingga 50 poin, mengurangi limbah sebesar 7.2%, dan ikut berkontribusi dalam mewujudkan zero carbon (net zero) pada 2050. 

"Dengan target ini, Kota Bogor menjadi pionir dalam mencapai sustainable development initiatives. Kota Bogor juga memiliki visi untuk merancang kota yang ramah keluarga dengan  menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas, dan makmur pada tahun 2024," bebernya.

Dara yang hobi membaca, memasak, dan menulis sajak puisi ini menambahkan, Kota Bogor membangun konsep ekonomi sirkular dari kolaborasi dengan komunitas, pelaku bisnis, dan para akademisi. Sinergi ini sangat potensial untuk memajukan ekonomi dan melestarikan lingkungan di Kota Hujan. 

"Dengan tujuan tinggi ini, Kota Bogor berusaha serius untuk mencapainya. Kita dapat melihat dari pembangunan dalam menghadirkan sarana prasana yang mendukung tujuan-tujuan tersebut," tutur Alfath menerangkan.

Ia mencontohkan, mulai dari hadirnya BISKITA, pembangunan Alun-Alun Kota, Taman Manunggal, pembuatan sentra kuliner, rencana peniadaan angkot, dan berbagai program pembangunan lainnya yang dampaknya bisa langsung warga Bogor rasakan.

"Karena itu, khususnya bagi millenial ayo ikut serta mensukseskan pembangunan kota Bogor. Akang Teteh Gen Z dan Milenial mari bersama-sama berperan aktif dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan kota tercinta ini," imbuhnya.

Dirinya menegaskan, bahwa semua masyarakat memiliki kesempatan untuk menciptakan perubahan positif dan memberikan kontribusi berarti bagi Kota Bogor. "Dengan semangat, kreativitas, dan dedikasi, dapat membantu mencapai visi Kota Bogor sebagai kota yang sehat, cerdas, dan makmur," terangnya.

Alfath membeberkan, terdapat banyak cara untuk berkontribusi dengan cara mendukung program-program lingkungan seperti mengurangi emisi, meningkatkan kualitas udara dan air, serta mengelola sampah dengan bijak. 

"Kita juga bisa terlibat dalam inovasi dan teknologi untuk menjadikan Bogor sebagai kota yang cerdas. Selain itu, kolaborasi dengan komunitas, bisnis lokal, dan akademisi dapat membantu membangun ekonomi berkelanjutan dan memberdayakan masyarakat," ucapnya.

Secara khusus ia mengajak, agar jangan ragu untuk berpartisipasi dalam berbagai inisiatif pembangunan kota, memberikan ide-ide segar, dan menjadi agen perubahan. 

"Dengan berbagai latar belakang, bersama-sama kita bisa mencapai tujuan Kota Bogor untuk menjadi tempat yang lebih baik untuk kita semua dan generasi mendatang. Ayo ikut bangun Kota Bogor! Bogor ngahejo, Bogor ready to go!," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi yang pernah diraih oleh Alfath di antaranya yaitu:
1. Finalist Oil Rig Design Competition PETROLIDA by Society of Petroleum 
Engineering ITS.
2. Co-Founder and Chief of Sustainability Officer Coastalle id.
3. Best Staff of Project and Strategic Planning Society of Renewable Energy UI.
4. Awardee Beasiswa SEED Alumni Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik UI.(*)

Tombol Google News

Tags:

Alfath Alima Mojang Kota Bogor 2023 Kota Hijau Berkelanjutan