Angka Kemiskinan di Kota Malang Turun Menjadi 3,91 Persen

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

2 Agustus 2024 09:00 2 Agt 2024 09:00

Thumbnail Angka Kemiskinan di Kota Malang Turun Menjadi 3,91 Persen Watermark Ketik
Ilustrasi kemiskinan di Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Angka kemiskinan di Kota Malang kini telah menurun menjadi 3,91 persen pada 2024. Dari persentase tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat 34,84 ribu penduduk miskin di Kota Malang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Umar Sjaifudin menjelaskan tahun 2023 angka kemiskinan mencapai 4,26 persen atau setara dengan 37,78 ribu jiwa. Menurutnya angka kemiskinan di tahun 2024 ini menjadi penurunan paling signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kemiskinan Kota Malang mencapai titik terendah pada tahun 2024 yaitu sebesar 3,91 persen. Kalau dilihat dari grafik, mulai tahun 2010 sampai 2024, angka kemiskinan yang sebesar 3,91 persen ini adalah yang terendah," ujar Umar, Jumat (2/8/2024).

Pengeluaran per kapita penduduk berkategori miskin di Kota Malang sebesar Rp 706.341 per bulan. Dengan demikian pengeluaran dari 34,84 ribu warga miskin di Kota Malang setiap bulannya berada di bawah nominal tersebut.

Umar menjelaskan tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan tetap harus diperhatikan. Tingkat kedalaman kemiskinan dapat mengindikasi jarak antara rata-rata pengeluaran penduduk miskin dengan garis kemiskinan.

Pada indeks keparahan kemiskinan mampu mengindikasi adanya ketimpangan pengeluaran dalam penduduk miskin. Di tahun 2024 ini indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan di Kota Malang mengalami penurunan.

“Indeks Kedalaman Kemiskinan dan Indeks Keparahan Kemiskinan Kota Malang tahun 2024 mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan kabupaten/kota lainnya. Hal ini bisa diartikan bahwa kualitas kesejahteraan penduduk di Kota Malang sudah lebih baik,” lanjutnya.

Kondisi tersebut menjadikan Kota Malang sebagai daerah dengan tingkat kemiskinan terendah kedua di Jawa Timur. Salah satu faktor yang mendorong penurunan kemiskinan ialah suksesnya aplikasi Pendataan Kesejahteraan Sosial Kota Malang (PDKTSAM).

"Termasuk keberhasilan pengendalian komoditas pemicu terjadinya inflasi, lalu juga keberpihakan Pemkot Malang terhadap UMKM lokal serta pelaku ekonomi kreatif dalam pengadaan barang dan jasa Pemkot Malang," paparnya.

Tombol Google News

Tags:

Kemiskinan Kota Malang Angka Kemiskinan di Kota Malang Kota Malang Penurunan Angka Kemiskinan Penduduk Miskin di Kota Malang