Pj Wali Kota Malang Siapkan Langkah Optimalisasi MCC untuk UMKM Naik Kelas

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

16 September 2024 16:57 16 Sep 2024 16:57

Thumbnail Pj Wali Kota Malang Siapkan Langkah Optimalisasi MCC untuk UMKM Naik Kelas Watermark Ketik
Salah satu pelaku UMKM di Kota Malang yang memanfaatkan MCC. (foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan memberikan perhatian terhadap pengembangan Malang Creative Center (MCC) yang menjadi wadah ekonomi kreatif dan UMKM. Beberapa langkah optimalisasi MCC pun telah disiapkan untuk segera diterapkan.

Iwan meminta agar agenda kegiatan ekonomi kreatif lebih dibangun lebih optimal. Selain itu diperlukan pendataan terhadap UMKM mikro yang memiliki peluang agar dapat naik kelas.

"UMKM mikro yang berpotensi naik ke usaha kecil harus ditentukan. Mereka yang akan memanfaatkan bazar UMKM di MCC nanti," ujarnya, Senin 16 September 2024.

Tak hanya itu, Iwan menganjurkan agar OPD-OPD yang memiliki keperluan untuk belanja barang agar dapat dilakukan pada momen bazar UMKM. Hal tersebut sebagai bentuk perhatian Pemkot Malang agar UMKM yang ada dapat naik kelas.

Ia menekankan bahwa optimalisasi MCC dapat dilakukan demi kepentingan perkembangan UMKM di Kota Malang. Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang sebagai pengampu juga diharapkan dapat menjadwalkan pameran UMKM secara rutin.

"Penting untuk mengatur jadwal pameran yang berkelanjutan sehingga memberikan dampak yang lebih besar. Baik bagi UMKM maupun bagi MCC," tambahnya.

Dalam upaya mengoptimalkan MCC, ia menargetkan agar jumlah event dan perputaran ekonomi melebihi tahun sebelumnya. Iwan juga menetapkan target sebanyak 180 UMKM mikro agar dapat naik kelas menjadi usaha kecil dari pemanfaatan MCC.

"MCC kan menjadi wadah kreatifitas masyarakat Kota Malang dengan pemberdayaan ekonomi yang besar. Tentu pengembangannya dilakukan dengan intensifikasi event dan jadi instrumen pemasaran UMKM mikro untuk naik kelas ke usaha kecil," katanya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Naik Kelas Optimalisasi MCC MCC Malang Creative Center Kota Malang pj wali kota malang