Anjungan Wanabakti di Jambore Jatim 2023 Tampilkan Cafe Rimbawan, Bukti Nyata Pramuka Produktif

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: Naufal Ardiansyah

4 Oktober 2023 15:07 4 Okt 2023 15:07

Thumbnail Anjungan Wanabakti di Jambore Jatim 2023 Tampilkan Cafe Rimbawan, Bukti Nyata Pramuka Produktif Watermark Ketik
Ka Kwarda Jatim HM Arum Sabil saat mengunjungi dapur Cafe Rimbawan. (Foto: Sutejo Rc/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Salah satu kegiatan penunjang Jambore Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur di bumi perkemahan Ngawun Abilowo, Parengan, Tuban (2-7/10/2023) adalah menampilkan anjungan satuan karya. 

Salah satunya Wanabakti yang menampilkan cafe Rimbawan sebagai bukti nyata implementasi Pramuka produktif. 

Menurut koordinator anjungan Tatun Wiyanto SH, program Wanabakti Jatim untuk mendukung pencanangan Pramuka produktif. Program inj mendukung pangkalan mandiri yang bisa menjual produk pada masyarakat luas. 

Foto KADISHUT Dr. Ir jumadi, M. M.T foto bersama dengan jajaran Saka Wanabakti Tuban dan Bojonegoro (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)Kadishut Jatim Dr. Ir jumadi, M. M.T foto bersama dengan jajaran Saka Wanabakti Tuban dan Bojonegoro. (Foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

Tatun memaparkan, dalam kegiatan menunjang Jambore Daerah ini, Wanabakti Jatim membuat cafe Rimbawan,  yang dikelola adik adik Saka Wanabakti dari Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah Bojonegoro, KPH Parengan, KPH Tuban, KPH Jatirogo, KPH Bojonegoro dan KPH Padangan.

Sekretaris Umum Wanabakti Jatim itu juga menyatakan, menu makanan yang diproduksi anggota Wanabakti itu juga beragam menu makanan, di antaranya bakso porang, cuanki, bakso aci, cilor maklor, cilok, minuman es teh, es buah mangga, es buah naga serta camilan dan madu hutan. 

Tentu saja dengan menampilkan hasil produksi karya adik adik Pramuka. Target ke depan, setelah Jambore Daerah untuk Saka Wanabakti di daerah masing-masing menjadi pangkalan mandiri yang bisa berdiri kuat secara finansial dari hasil usaha. 

Foto Cafe Rimbawan di anjungan Saka Wanabakti selalu ramai pengunjung.  (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)Cafe Rimbawan di anjungan Saka Wanabakti selalu ramai pengunjung. (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

"Serta ke dapanya, diharapkan Wanabakti sebagai pencipta enterpreneur-enterpreneur muda," ujar Tatun pada Ketik.co.id, Rabu (4/10/2023). 

Untuk peserta Jambore Daerah saat berkunjung ke anjungan Saka Wanabakti sudah disiapkan materi khusus dari pemateri CDK Bojonegoro, tentang budidaya jamur. Dan pembuatan minuman rempah serta wedang blung yang disampaikan  instruktur dari KPH Padangan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jambore Daerah Jatim Kwarda Jatim Saka Wanabakti Anjungan Wanabakti Pramuka Produktif