Asal Usul dan Amalan di Rebo Wekasan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

12 September 2023 13:09 12 Sep 2023 13:09

Thumbnail Asal Usul dan Amalan di Rebo Wekasan Watermark Ketik
Berdoa yang dilakukan umat muslim. (Foto: Pixabay)

KETIK, SURABAYA – Tahun 2023 ini Rebo Wekasan jatuh pada 13 September besok. Rebo Wekasan adalah tradisi yang dilakukan setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Islam atau kalender hijriah. Tradisi ini dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan di saat Rabu Wekasan antara lain salat sunnah tolak bala, sedekah, maupun segenap upacara adat tidak jarang mewarnai masing-masing tradisi masyarakat Jawa. 

Asal Usul Rebo Wekasan

Sejarah Rebo Wekasan terdiri dari berbagai versi. Salah satu daerah yang menyelenggarakan tradisi Rebo Wekasan adalah Yogyakarta, tepatnya di Wonokromo, Bantul. 

Tradisi dilakukan dengan membuat lemper raksasa dan dibagikan kepada masyarakat yang menghadiri acara. 

3 Amalan Rebo Wekasan 

Pertama adalah berdoa pada Allah SWT. Karena sejatinya bulan Safar dianjurkan untuk memperbanyak doa.  

Kedua, membaca istighfar. Istighfar adalah memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Istighfar sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim, baik itu besar maupun kecil, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. 

Ketiga, membaca Al-Qur’an. Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw sebagai pedoman hidup. Membaca Al-Qur'an adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Ada banyak sekali keutamaan dan pahala yang besar bagi orang yang membaca Al-Qur'an. Dan mendapatkan pahala yang cukup besar bagi orang yang membacanya.  

Dengan demikian, di malam Rebo Wekasan tidak ada salahnya untuk melakukan amalan-amalan kebaikan sebagai bentuk ikhtiar dan memohon ampunan dan perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam musibah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rebo Wekasan Rabu terakhir salat sunnah  3 amalan