Awas! Akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang Dibajak

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

2 Januari 2024 08:23 2 Jan 2024 08:23

Thumbnail Awas! Akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang Dibajak Watermark Ketik
Pemberitahuan akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang dibajak pihak tidak bertanggungjawab. (Foto: Diskominfo Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Warganet maupun pengguna internet harus lebih berhati-hati terkait berbagai modus penipuan. Seperti terjadi di akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang yang dibajak dengan modus giveaway tebus murah, Selasa, (2/1/2024).

Terdapat postingan yang bertuliskan sekaligus memuat keterangan giveaway Tebus Murah. "Halo sobat, khusus Januari @kominfokabmlg mau mengadakan giveaway tebus murah 2 unit iPhone 15 Promax klaim Rp 7,5 juta," tulis postingan itu.

Syarat tebus murah yakni wajib follow, like 5 postingan dan klaim melalui WhatsApp. Namun, postingan tersebut tidak dibuat oleh Kominfo Kabupaten Malang. Melainkan dibajak oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pada postingan itu, tampak kolom komentar dinonaktifkan atau ditiadakan. Terdapat 84 pengguna Instagram yang menyukai postingan tersebut. Belum diketahui apakah sudah ada korban terkait akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang yang dibajak tersebut.

Karena itu, Kadiskominfo Kabupaten Malang Ricky Meinardhy meminta masyarakat agar tidak mempercayai postingan tersebut. Karena saat ini akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang dibajak dan digunakan untuk penipuan giveaway.

"Pagi tadi di-hack," ujar Ricky Meinardhy kepada media online nasional Ketik.co.id.

Ia juga telah memberikan imbauan kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat tidak ada yang dirugikan atau menjadi korban penipuan atas dibajaknya akun tersebut.

"Imbauan kepada masyarakat agar melakukan verifikasi dua langkah. Tentunya tidak boleh mempercayai begitu saja atas postingan di Instagram yang saat ini masih dibajak," terangnya.

Dia menyebutkan saat ini pihaknya sedang berupaya memulihkan kembali akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang yang dibajak dipergunakan giveaway tebus murah, diduga dipergunakan penipuan tersebut.(*)

Tombol Google News

Tags:

Akun Instagram Kominfo Kabupaten Malang Kabupaten Malang