Berdayakan Lansia, Pemkot Batu Launching Produk oleh Lansia Smart

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

19 September 2023 11:00 19 Sep 2023 11:00

Thumbnail Berdayakan Lansia, Pemkot Batu Launching Produk oleh Lansia Smart Watermark Ketik
PJ Wali Kota Batu saat menyampaikan sambutan launching produk oleh lansia SMART di sebuah Pusat Oleh-oleh di Kota Batu, Selasa (19/9/2023). (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pemerintah Kota Batu melalui Kecamatan Junrejo melakukan launching produk oleh lansia Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif (SMART) di sebuah Pusat Oleh-oleh di Kota Batu, Selasa (19/9/2023).

Camat Junrejo, Dian Saraswati menjelaskan pihaknya membuat gagasan untuk membantu para lansia yang secara ekonomi masih kurang pendapatan, untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya melalui kegiatan 'Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Ekonomi Kreatif Menuju Lansia SMART Kecamatan Junrejo.

"Bahwa di Kecamatan Junrejo masih ditemukan lansia-lansia yang kurang beruntung dalam ekonomi. Meskipun saat ini dari Pemkot Batu juga telah memberikan BLT berupa uang tunai dan juga program UHC untuk kesehatan masyarakat," urainya.

Menurut Dian, dengan pemberdayaan melalui Ekonomi Kreatif (Ekraf) menuju lansia SMART, harapannya dapat meningkatkan kualitas hidup, kondisi fisik psikologis. Serta membantu lansia percaya diri, mandiri dan produktif. 

Dian membuat gagasan ini untuk memenuhi targetnya dalam meningkatkan kesejahteraan lansia di Kota Batu. Salah satunya dengan membentuk komunitas lansia dan memberikan pelatihan membuat batik shibori untuk para lansia pada 23-24 Agustus 2023 lalu.

"Kami yakin dengan semangat yang tulus ini, kami dapat menciptakan produk-produk bernilai ekonomi di pasaran dan juga mendorong semangat positif di kalangan lansia," jelasnya.

 Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai sangat mengapresiasi hasil kreativitas produk oleh lansia SMART. Inovasi dari camat tersebut diharapkan dapat menjadi ekonomi bergerak di masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa produktif dan menggerakkan roda perekonomian.

"Akan terus kita usahakan agar Lansia SMART terus memproduksi Batik Shibori dan kita jajaki pemasarannya secara offline maupun online,” ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu lansia Smart