Bikin Lapar, Kuliner Korea yang Populer di Indonesia

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

29 Mei 2023 20:09 29 Mei 2023 20:09

Thumbnail Bikin Lapar, Kuliner Korea yang Populer di Indonesia Watermark Ketik
Tteokbokki street food asal Korea Selatan yang paling mudah dijumpai. (Foto: Seriouseat)

KETIK, JAKARTA – Gempuran drama dan musik asal Korea Selatan membawa dampak besar bagi aktivitas warga Indonesia. Pengaruh paling besar adalah makanan dan produk fesyen hingga gaya hidup yang mulai ditiru.

Kuliner asal Korea, kerap disebut pula street food, pelan-pelan sejajar dengan makanan asal Jepang, Eropa, maupun Amerika Serikat. Bahkan beberapa event organizer kerap memasukkan jajanan Korea sebagai sajian kegiatan.

Berikut lima jajanan asal Korea Selatan yang paling banyak dijumpai di Indonesia:

Tteokbokki

Jajanan ini paling popular di antara kuliner asal Korea Selatan yang masuk Indonesia. Teksturnya yang kenyal sangat disukai masyarakat Indonesia, hampir di semua level usia. Tteokbokki merupakan kue berbahan beras yang penyajiannya dicampur saus asam manis.

Di negara asalnya, tteokbokki masuk kategori street food dan kerap dijual melalui food truck. Makanan ini juga mudah dijumpai di pasar tradisional di Negeri Ginseng.

Odeng

Kuliner ini paling mudah dijumpai di berbagai food festival dalam negeri maupun kegiatan lainnya. Odeng merupakan daging ikan yang dibentuk pipih kemudian ditusuk, layaknya sate. Bedanya odeng direbus dengan kuah kaldu bening.

Biasanya makanan ini sebagai pelengkap dari tteokbokki. Odeng dan tteokbokki lebih cocok disantap saat masih panas, karena aroma kuah kaldu yang melekat kuat.

Kimchi

Tidak lengkap rasanya makan masakan asal Korea tanpa kehadiran kimchi. Kimchi terbuat dari sawi putih atau lobak kemudian diberi bumbu dan difermentasi.

Masyarakat Korea menjadikan kimchi sebagai menu wajib untuk dimakan. Demikian juga di beberapa resto bergaya Korea Selatan, kerap menyajikan kimchi sebagai menu pelengkap.

Gimbap

Bila Anda menyukai sushi, tidak ada salahnya mencoba gimbap. Jajanan ini nyaris sama dengan jajanan asal Jepang itu. penamaan gimbap berasal dari bap yang berarti nasi putih, sedangkan gim adalah lembaran rumput laut atau nori.Foto Gimbap lebih mirip sushi. (Foto: Futuredish)Gimbap lebih mirip sushi. (Foto: Futuredish)

Sederhananya, gimbap adalah nasi putih yang digulung dengan nori. Adapun isiannya bermacam-macam. Misalnya daging kepiting, ikan, lobak, bayam, timun dan sayuran lain. Sepintas memang mirip sushi.

Hweori Gamja

Popularitas hweori gamja nyaris sama dengan odeng, sebagai street food. Di negeri asalnya, hweori gamja kerap dijual melalui food truck dan beberapa kali nongol di televisi, baik K-drama maupun film layar lebar.

Oh iya, hweori gamja adalah kentang yang dipotong berbentuk spiral tipis. Sebelum digoreng, terlebih dahulu diberi bumbu dan saus untuk memberi sensasi rasa. Anda terbiasa memilih jajanan Korea yang mana? (*)

Tombol Google News

Tags:

Korea Selatan streetfood tteokbokki Gimbap Kimchi food truck