BPBD Jatim Tingkatkan Kapasitas Agen Informasi Bencana

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

27 November 2023 09:33 27 Nov 2023 09:33

Thumbnail BPBD Jatim Tingkatkan Kapasitas Agen Informasi Bencana Watermark Ketik
Kalaksa BPBD Jatim saat membuka rapat koordinasi dan peningkatan kapasitas agen informasi bencana (Foto: BPBD Jatim)

KETIK, BATU – Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Jawa Timur menggelar rapat koordinasi dan peningkatan kapasitas agen informasi bencana (Agisena). Kegiatan ini diikuti Agisena BPBD kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Acara yang berlangsung di Hotel Batusuki, Kota Batu pada 27 hingga 28 November 2023 dibuka langsung oleh Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto. Sejumlah Kalaksa BPBD kabupaten/kota turut hadir dalam kegiatan ini.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan, rakor digelar untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) Agisena. Sekaligus menjadi forum komunikasi antar BPBD kabupaten/kota.

"Melalui rakor ini saya ingin keterampilan, pengetahuan dan pelayanan hal kebencanaan Agisena ditambah," ucap Gatot Soebroto saat membuka kegiatan, Senin (27/11/2023).

"Ke depan tuntutan dari masyarakat adalah era digital. Kita harus bisa memberikan informasi dengan baik dengan menggunakan TI dalam penyampaian informasi," tegasnya.

Nah, menyambut musim penghujang, Gatot juga menuntut Agisena untuk bisa menyampaikan informasi bencana dengan cepat. Tentunya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Ia juga mendorong adanya sinergitas antara Agisena dengan BPBD di wilayahnya masing-masing. Karena itu, ia membuka dialog dengan Kalaksa BPBD kabupaten/kota yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebagai tambahan informasi, para Agisena mendaoat materi tentang Smart Society 5.0 sebagai Optimalisasi Teknologi untuk Pelayanan Publik. BPBD Jatim menghadirkan Vanda Rossdiana dari People Development Consulting sebagai pemateri.(*)

 

Tombol Google News

Tags:

BPBD Jatim Kalaksa Gatot Soebroto Agisena Agen informasi bencana