Bupati Bandung Ingatkan Pelajar Jangan Suka Bullying Teman

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

22 Mei 2024 09:54 22 Mei 2024 09:54

Thumbnail Bupati Bandung Ingatkan Pelajar Jangan Suka Bullying Teman Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama para siswa  SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung dalam kegiatan X School Fast, Rabu (22/5/2024).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna hadir di tengah-tengah para siswa  SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung dalam kegiatan X School Fast, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan Sobat Si Jumbo di SMAN 1 Soreang ini antara lain diisi dengan serangkaian acara penandatanganan piagam komitmen Gerakan Bersama Pencegahan Stunting dan Demam Berdarah Dengue (DBD) serta penyandang Tuberculosis (TBC).

Saat menyapa para siswa, Bupati Bandung menyampaikan sejumlah pesan dan motivasi. Salah satu pesannya adalah di antara para siswa agar menghindari tindakan bullying. Sebab menurutnya bully merupakan perbuatan tidak terpuji.

"Hindari tindakan bullying, mem-bully, mengejek teman, tidak boleh melecehkan, menghina, merendahkan teman. Karena itu akan tertanam rasa dendam dan trauma," pesan bupati.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna mengingatkan para pelajar untuk saling menghormati dan menghargai serta memahami makna dari butir-butir Pancasila. 

"Butir-butir Pancasila untuk menentukan karakter kita, bagaimana kehidupan kita, kemanusiaan kita, sosial kita," terangnya. 

Ia pun telah menggulirkan tiga muatan lokal untuk pendidikan TK, SD, dan SMP yaitu pendidikan Pancasila dan UUD 1945. Kedua, pendidikan budaya dan bahasa Sunda, dan ketiga pendidikan mengaji dan menghafal Alquran. 

"Pendidikan agama ini sangat penting. Pembentukan karakter penting, tentunya saya berharap setelah punya cita cita dan punya planning, organizing kira-kira apa, actuating atau aksinya seperti apa. Implementasinya seperti apa, dan terakhir controling, mengawal dan mengawasi," kata dia.

Kang DS juga mengingatkan para pelajar untuk menghindari pergaulan bebas dan menghindari pernikahan dini untuk mencegah kasus stunting.  

"Hindari genk motor, kenakalan remaja, dan hindari narkoba.  karena tidak ada manfaatnya," tandasnya.

Ia pun menitipkan kepada para pelajar yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di SMA untuk mempersiapkan diri dan ada perencanaan, yaitu cita-cita, harapan, dan keinginan. Lebih lanjut Kang DS berpesan ada tiga prinsip yang harus dipegang jika ingin sukses di masa depan. 

"Kalau ingin jadi orang sukses, harus pegang tiga prinsip. Yang pertama keberanian dan dibarengi dengan ilmunya. Jangan sampai berani, tapi ilmunya tidak bisa. Kedua kejujuran, dan ketiga, konsekuensi atau tanggungjawab yang harus dilaksanakan," urainya.(*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA bully Bullying soreang