Bupati Bandung Hibahkan Mobil Operasional untuk Pendamping Penyintas Thalassemia

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

12 September 2024 00:10 12 Sep 2024 00:10

Thumbnail Bupati Bandung Hibahkan Mobil Operasional untuk Pendamping Penyintas Thalassemia Watermark Ketik
Penyerahan bantuan mobil operasional dari Pemkab Bandung kepada Yayasan Redti Kita, Selasa (10/9/24). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna menyerahkan bantuan berupa hibah kendaraan roda empat kepada Yayasan Redti Kita, yang selama ini selalu mendampingi penyintas thalassemia di Kabupaten Bandung. 

Bantuan mobil operasional ini diserahkan oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BAKD) Kabupaten Bandung, Erwan Kusumah yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Badan Milik Daerah (BMD), Wahyudin, Selasa (10/9/2024) petang. 

Kepala Bidang BMD Wahyudin mengatakan, bantuan hibah mobil merupakan bentuk perhatian dari Pemkab Bandung terhadap pelayanan publik, dalam hal ini pelayanan dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat.  

"Semoga bantuan kendaraan APV dari Pemkab Bandung ini bisa memberi manfaat bagi pelayanan penyintas thalassemia yang selama ini didamping ReDTI KITA di bawah naungan Yayasan REDTI KITA SEHATI," kata Wahyudin, Rabu (11/9/2024). 

Pemberian hibah kendaraan operasional tersebut, kata Wahyudin, didasarkan pada Permendagri Nomor 7 Tahun 2024 antara pengelolaan aset daerah Tahun 2016 sampai dengan 2019. 

Aturan ini memungkinkan untuk memberikan hibah kepada lembaga yang berbadan hukum, melalui mekanisme hibah atas alasan kegiatan membantu sosial yang melayani masyarakat. 

Ketua ReDTI KITA, Hendi Resmawan menyampaikan terima kasih dan rasa syukurnya atas bantuan kendaraan APV yang diberikan oleh Pemkab Bandung. 

"Ini merupakan bentuk nyata kepedulian Bapak Bupati Bandung Dadang Supriatna terhadap penyintas thalassemia di Kabupaten Bandung yang selama ini kurang mendapat perhatian pemerintah," ungkap Hendi Resmawan.

Menurut Hendi, mobil akan dipergunakan bagi kepentingan penyintas thalassemia yang ada di Kabupaten Bandung, terutama yang secara rutin menjalani transfusi darah di RSUD Majalaya yang jumlahnya mencapai 103 penyintas.

Lebih lanjut Hendi menyatakan, selain darah yang merupakan kebutuhan pokok para penyintas thalassemia setiap kali harus menjalani transfusi secara berkala seumur hidupnya, kebutuhan mental spiritual penyintas thalassemia pun harus terpenuhi juga termasuk pendidikan dan pemberdayaannya.

"Untuk penyintas di RSUD Majalaya saja membutuhkan lebih kurang 150 kantung darah setiap bulannya. Dan Mobil APV ini akan kami gunakan untuk kepentingan pelayanan thalassemia sekaligus untuk kendaraan operasional ReDTI KITA dalam menjalankan program kerjanya," tandas Hendi. 

Ketua KIM Kabupaten Atep Kusman yang jua Pembina Redti turut mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Ini bentuk perhatian Bupati Bandung yang luar biasa dalam optimalisasi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat menuju sejahtera," ucap Atep.

Atep mengaku sangat mengapresiasi kepedulian Bupati Dadang Supriatna terhadap bidang sosial kemasyarakatan. Pemberian hibah mobil tersebut, kata dia, merupakan bukti nyata kepedulian orang nomor satu di Kabupaten Bandung, terutama bagi para penyintas thalasemia. 

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para tokoh yang telah mendorong pengadaan mobil ini, sehingga realisasinya sangat cepat. Ini berkat dukungan semua dan insya Allah sangat bermanfaat," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA thalassemia Cuci Darah mobil operasional