Bupati Freddy Thie Akan Mewujudkan Program Sekolah Berasrama

Jurnalis: La Jen
Editor: Marno

1 Agustus 2023 16:17 1 Agt 2023 16:17

Thumbnail Bupati Freddy Thie Akan Mewujudkan Program Sekolah Berasrama Watermark Ketik
Bupati Freddy Thie saat foto bersama dengan mahasiswa Petra Surabaya (Foto: Humas Pemkab Kaimana)

KETIK, KAIMANA – Pemerintah Daerah Kaimana, yang dipimpin oleh Bupati Freddy Thie menerima Yayasan Alirena dan sejumlah mahasiswa dari Petra Surabaya untuk membahas sistem pembelajaran berbasis nilai-nilai lokal yang akan diterapkan di sekolah-sekolah di Kaimana. Pertemuan ini berlangsung di ruang rapat Bupati Kaimana pada Senin (31/7/2023).

Rapat tersebut dihadiri oleh kepala dinas pendidikan, sekretaris dinas, pengawas koordinator wilayah distrik Kaimana, staf dinas pendidikan, kepala sekolah SDN 4 Kaimana, dan bendahara sekolah.

Bupati Freddy Thie mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Alirena yang membantu Pemerintah Daerah Kaimana dalam hal sekolah berasrama. 

Foto Bupati Freddy Thie saat pertemuan di ruang rapat Bupati dengan mahasiswa Petra SurabayaBupati Freddy Thie saat pertemuan di ruang rapat Bupati dengan mahasiswa Petra Surabaya

Bupati menyampaikan bahwa sekolah berasrama ini sejalan dengan misi dan visi Pemerintah Daerah Kaimana, yang melihat banyak anak-anak dari kampung mengalami kesulitan dalam melanjutkan pendidikan di kota karena masalah tempat tinggal.

Yayasan Alirena menyelenggarakan berbagai kegiatan dan program untuk membangun daerah tertinggal, termasuk sekolah anak Indonesia di Sentul, Bogor

Selain itu, program sekolah berasrama di Papua, pelatihan guru dengan model ApeL (Anak Pemilik Pembelajaran), serta konsultasi dan pendampingan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Bupati Kaimana Freddy Thie menyatakan bahwa program-program Yayasan Alirena memiliki kesamaan dengan program unggulan yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah Kaimana.

Bupati Kaimana Freddy Thie berkoordinasi dengan kepala dinas pendidikan untuk menunjuk salah satu sekolah dasar yang bersedia membuka diri untuk menerima perubahan ini. Salah satu sekolah yang dipilih adalah SDN 4 Kaimana.

SDN 4 Kaimana akan dibantu oleh Yayasan Alirena dalam bimbingan pelatihan guru menggunakan metode ApeL, serta mendapatkan konsultasi dan pendampingan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, sekolah ini juga akan dibantu oleh sejumlah mahasiswa dari Petra Surabaya.

Dengan adanya kerja sama antara Pemerintah Daerah Kaimana, Yayasan Alirena, dan mahasiswa Petra Surabaya, diharapkan sistem pembelajaran berbasis nilai-nilai lokal dapat diterapkan dengan baik di sekolah-sekolah di Kaimana.

Harapannya kerja sama ini bisa meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi anak-anak di daerah tersebut, tutup Bupati Freddy Thie. (*)

Tombol Google News

Tags:

freddy thie Petra Surabaya Pemkab Kaimana