Bupati Freddy Thie Temui Dirjen, Genjot Sektor Kelautan dan Perikanan

Jurnalis: La Jen
Editor: Marno

7 Juli 2023 11:55 7 Jul 2023 11:55

Thumbnail Bupati Freddy Thie Temui Dirjen, Genjot Sektor Kelautan dan Perikanan Watermark Ketik
Bupati Freddy Thie saat foto bersama dengan Dirjen Perikanan Tangkap Agus Suherman di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta (Foto: Humas Pemkab Kaimana)

KETIK, KAIMANA – Pemerintah daerah Kabupaten Kaimana terus mendorong sektor potensial Kaimana yakni, kelautan dan perikanan. Saat berkunjung ke kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bupati Freddy Thie didampingi kepala dinas, sekretaris, dan kepala bagian program dinas perikanan disambut langsung oleh Dirjen Perikanan Tangkap, Agus Suherman.

Freddy Thie menyampaikan bahwa kunjungan ini  untuk menyampaikan terkait rencana pemerintah di dua sektor, kelautan dan perikanan.

“Tujuan kami ke sini untuk menindaklanjuti hasil pembicaraan antara Pak Dirjen dengan Tim penyusun dokumen Masterplan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kab. Kaimana dari Institute Pertanian Bogor (IPB),” pungkasnya.

Foto Bupati Freddy foto bersama dengan Dirjen Perikanan Tangkap Agus Suherman dan Staf di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta (foto Humas Pemkab Kaimana)Bupati Freddy foto bersama dengan Dirjen Perikanan Tangkap Agus Suherman dan staf di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta (Foto: Humas Pemkab Kaimana)

Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan rombongan mendapat respons yang positif dari KKP dalam hal ini Dirjen Perikanan Tangkap.

“Puji syukur, beberapa hal yang kita ajukan direspons dengan sangat positif oleh pak Dirjen. Beliau (Dirjen) langsung mengutus pejabat terkait dan stafnya untuk melakukan survei di Kaimana untuk pelaksanaan beberapa program pada tahun 2023 ini. Di antaranya adalah Kampung Nelayan Maju, Rumah Ikan, dan teknologi tepat guna Antraktor Cumi,”jelas Freddy.

Bupati keturunan Tionghoa itu juga menyebutkan bahwa ada beberapa rencana untuk jangka panjang yang dibicarakan dengan Kementerian KKP.  Rencana tersebut akan ditindaklanjuti secara bertahap.

“Kita juga dijanjikan infrastruktur seperti pelabuhan, tempat pelelangan ikan (TPI), could storage, kapal armada nelayan serta alat tangkap dan beberapa hal yang kita butuhkan untuk tercapainya SKPT di Kaimana”, ujarnya.

Orang nomor satu di Kaimana itu menyinggung bahwa ikhtiar pemda ini untuk mengembalikan kejayaan Kaimana di sektor kelautan dan perikanan. Apalagi masyarakat Kaimana memiliki ketergantungan pada dua sektor ini serta menjadi sumber penghasilan.

“Saya komitmen dan terus meminta dinas perikanan Kaimana untuk senantiasa berkoordinasi dengan pejabat di KKP dan Tim IPB yang telah membantu kita. Karena tujuan kami tidak lain adalah untuk kemajuan daerah (Kaimana) tercinta dan kesejahteraan masyarakat.”, tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

freddy thie Kelautan dan Perikanan Pemkab Kaimana Kaimana Bupati Kaimana Bupati Freddy Thie