Cegah Penularan Mpox, Pemerintah Akan Skrining Penumpang dari Luar Negeri

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 September 2024 09:40 2 Sep 2024 09:40

Thumbnail Cegah Penularan Mpox, Pemerintah Akan Skrining Penumpang dari Luar Negeri Watermark Ketik
Suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. (Foto: Dok/ Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Mengantisipasi penyebaran cacar monyet atau Mpox di Indonesia, Pemerintah mulai melakukan langkah preventif salah satunya melakukan pemeriksaan bagi para pendatang dari luar negeri melalui bandara Internasional.

Pemeriksaan ini akan dilakukan kepada WNA maupun WNI yang baru saja melakukan perjalanan di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Mpox varian baru di Indonesia.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengatakan untuk alur pemeriksaan yang dilakukan yakni para penumpang akan melewati mesin thermal scanner di terminal kedatangan. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi suhu tubuh para penumpang.

Penumpang yang suhunya melebihi 37,5 derajat celsius akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan ulang di mesin thermal gun. Jika suhunya masih tinggi maka petugas akan mengarahkan ke ruang pemeriksaan untuk dilakukan pengambilan sampel usap (swab). Bila hasil pemeriksaan menunjukkan positif Mpox, penumpang segera dirujuk ke rumah sakit.

"Kita sudah menentukan tempat di mana akan dilakukan pemeriksaan swab, di mana akan dilakukan pemasangan thermal scanner hingga jalur evakuasi," jelas Dante, Senin 2 September 2024.

"Kami melakukan persiapan tersebut agar proses pemeriksaan tidak mengganggu penumpang yang lain," imbuhnya.

Dante menambahkan saat ini pihaknya tekah melakukan sosialisasi mengenai kewaspadaan dan pencegahan Mpox. Sosialisasi dilakukan melalui Badan Kekarantinaan Kesehatan. Saat ini sosialisasi pencegah Mpox tersebut telah dilakukan di layar digital jalur kedatangan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Lebih lanjut,Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), M. Syahril menuturkan pada proses pemeriksaan dan skrining nanti setiap penumpang penerbangan internasional baik WNI dan WNA harus mengisi formulir swadeklarasi elektronik bernama SatuSehat Health Pass. 

“Skrining ketat dilakukan menyusul ditemukannya varian Clade Ib di luar kawasan Afrika. Virus Mpox Clade Ib terindikasi memiliki derajat keparahan yang lebih tinggi," tutur Syahril.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait penerapan SatuSehat Health Pass bagi para penumpang. Isi dari kerja sama tersebut untuk menginformasikan kepada setiap pelaku perjalanan yang akan terbang ke Indonesia diharuskan mengisi SatuSehat Health Pass sebelum keberangkatan. 

"Para penumpang harus mengisi SatuSehat Health Pass, sebelum atau saat check-in di keberangkatan. Hal ini untuk mencegah penumpukan penumpang di pintu masuk negara," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

transportasi kesehatan pemeriksaan skrining Virus Mpox Penumpang International Bandara luar negeri WNI