Cegah Terjadi Penyakit Mata, Yayasan Paramitra Gelar Lokakarya Pembelajaran Proyek I-See

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

13 Desember 2023 01:12 13 Des 2023 01:12

Thumbnail Cegah Terjadi Penyakit Mata, Yayasan Paramitra Gelar Lokakarya Pembelajaran Proyek I-See Watermark Ketik
Kegiatan Lokakarya yangvdilakukan Yayasan Paramitra ini sebagai langkah pencegahan penyakit mata di Jatim, Selasa (12/12/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Yayasan Paramitra menggelar Lokakarya Pembelajaran Proyek I-See (inclusive System For Effective Eye Care) sebagai upaya preventif menjaga kesehatan mata di Probolinggo dan Tuban. Di Jawa Timur kebutaan mata sangat tinggi sekitar 4,4 persen dibandingkan jumlah nasional yang hanya 3 persen saja.

"Dengan jumlah yang besar ini maka, langkah preventif dilakukan untuk menekan angka kesehatan mata sehingga dua daerah Probolinggo dan Tuban menjadi pilot project dalam langkah preventif untuk mecegah kesehatan mata di Jawa Timur," beber Direktur Yayasan Paramitra Asiah Sugianti, Selasa (12/12/2023).

Asiah menjelaskan Yayasan Paramitra menggandeng CBM Global sebagai pendana kegiatan preventif kesehatan mata. "Dari sini kami membuat kader kesehatan mata yang membantu masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mata, serta kami memberikan fasilitas kesehatam untuk puskesmas yang ada disana," ucapnya.

Kasus kesehatan mata yang kerap terjadi dinkedua daerah ini seperti katarak hingg mata minus. Hal ini dikarenakan pantulan sinar matahari. "Banyak kejadianndinkawasan pesisir jadi katarak ini terjadi di kawasan yang memang pantulan cahayanya besar," terangnya.

Asiah menjelaskan banyak pemerintah daerah tidak terlalu memeperdulikan kesehatan mata. Dengan langkah ini, maka kesehatan mata ini mulai diperhatikan. "Selama ini (perhatian hanya pada) masalah stunting, HIV dan beberapa kesehatan lainnya, sedangkan kesehatan mata ini tidak pernah maka dari program I-See membuat pemerintah mulai sadar," ucapnya.

Fasilitas kesehatan mata tidak hanya sekedar memberikan kacamata, namun juga banyak hal lainnya. "Termasuk pemberian asupan untuk kesehatan mata," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Dinas Kesehatan Jawa Timur Faridha Cahyani menjelaskan banyak masyarakat Indonesia terlebih Jawa Timur akan ke fasilitas kesehatan jika mereka sakit saja. Dengan langkah preventif ini bisa mencegah terjadinya penyakit mata. "Jadi dari langkah pencegahan ini maka kota bisa tahu bagaimana kita mencegah agar tidak terjadi penyakit katarak," terangnya.

Upaya yang dilakukan Yayasan Paramitra ini menjadi langkah pencegahan. "Jadi mencegah agar tidak terjadi penyakit mata lainnya," ucap Faridha. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lokakarya Yayasan Paramitra kesehatan mata Mata kesehatan